Jenjang
Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas / Semester :
X / I
Pertemuan Ke :
8
Alokasi Waktu :
10 Menit
Ruang Lingkup :
Aktifitas Senam ( Senam lantai )
Standar Kompetensi :3.
Mempraktekkan keterampilan
rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang
terkandung di
dalamnya.
Kompetensi Dasar :
3.1 Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta
nilai-nilai percaya diri, kerja sama, tanggungjawab dan menghargai teman.
Indikator :
Melakukan gerakan headstand
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat :
Melakukan gerakan
headstand
II. Materi Pembelajaran : Latihan gerakan headstand
Diawali sikap berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, dilanjutkan dengan membungkukkan
badan sampai dengan setengah jongkok, tangan dan kepala menumpu pada matras membentuk posisi segitiga, kaki
didorong
setinggi-tingginya, kedua tungkai
rapat dan lurus merupakan satu garis dengan badan dan kepala.
III. Metode
Pembelajaran : Explicit instruction/ Pengajaran langsung
VI. Langkah-langkah Pembelajaran:
A. Kegiatan Awal 2
menit :
·
Mempersiapkan
siswa
·
Berdoa
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Pemanasan Statis
B Kegiatan
Inti 6 menit:
1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan
keterampilan
2. Membimbing pelatihan:
·
Setelah mendemonstrasikan gerakan headstand, siswa menempati matras yang
telah disediakan secara berpasangan. Kemudian menirukan gerakan yang telah di
contohkan yaitu: posisi badan setengah jongkok, telapak tangan dan kepala
berada di atas matras membentuk posisi segitiga, sikut lengan membentuk sudut
900 (sudut siku-siku), angkat
tungkai satu persatu ke atas sikut lengan, setalah keduanya berada diatas sikut
angkat tungkai setinggi mungkin sampai lurus dengan posisi kepala. Pasangan
siswa lainnya bertugas untuk membantu mengangkat tungkai kaki pasangannya yang tidak bisa
mengangkat dengan sendirinya dan menjaga keseimbangan badan temannya agar tidak
jatuh. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
·
Tanpa dibantu dengan temannya siswa menempati matras yang disediakan. Kemudian
menirukan gerakan yang telah di contohkan yaitu; posisi badan setengah jongkok;
telapak tangan dan kepala berada di atas matras membentuk posisi segitiga (sikut
lengan membentuk sudut siku-siku); angkat tungkai satu persatu ke atas sikut
lengan; setalah keduanya berada diatas sikut angkat tungkai setinggi mungkin
sampai lurus dengan posisi kepala.
C. Kegiatan Akhir 2 menit :
1. Mengontrol pemahaman dan memberikan umpan
balik
2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
3. Melakukan penilaian
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
A. Matras senam, peluit, dan stop watch.
B. Buku sumber : Pendidikan
jasmani kelas I SMA. Agus Mukholid Surakarta, Yudistira
2004
Gambar
jenis makanan dan minuman yang sehat serta bergizi
VI. Penilaian
a.
Tes
perbuatan
FORMAT PENILAIAN:
Aspek Psikomotor
|
Aspek Afektif
|
||
Jenis penilaian
|
Nilai
|
Jenis penilaian
|
Nilai
|
1.
Teknik melakukan gerak ………….
|
|
1. Sikap dalam melakukan warming-up
|
|
2.
Keseimbangan badan
|
|
2. Sikap
dalam proses pembelajaran
|
|
3.
Estetika dalam melakukan gerak
|
|
3. Penerapan nilai sportifitas
|
|
J U M L A H
|
|
J U M L A H
|
|
KETERANGAN
NILAI (ANGKA&HURUF)
9.00 s.d
10 = A ( Tuntas Istimewa )
7.51 s.d 8.99 =
B (
Tuntas Amat Baik )
6.00 s.d 7.50 =
C (
Tuntas Baik )
> 5.99 = D
( Belum Tuntas )
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(.....................................................)
NIP
|
|
............................, ..................2013
Guru Mata Pelajaran
(.....................................................)
NIP
|
Anda sedang membaca artikel RPP Headset dalam Pemebelajaran Senam Lantai. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini.
Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:
0 comments:
Posting Komentar