EnsikloPenjas

Selasa, 29 Januari 2013

Definisi Rekreasi Menurut Para Ahli


Rekreasi berasal dari bahasa inggris "recreation"
RE yang berarti kembali, dan CREATION yang berarti  kembali.
Rekreasi adalah merupakan suatu kegiatan yag dapat di laksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara sukarela untuk mendapatkan dan memperoleh kesegaran serta kepuasan yang bertujuan untuk penyegaran tenaga dan pembaharuan semangat.

4 pengertian rekreasi yang di kemukakan oleh para ahli: 
              Kraus , Rekreasi adalah aktivitas atau pengalaman yang di peroleh atau di lakukan dalam waktu senggang dan biasanya di laksanakan di waktu senggang.
              Mary HelenRekreasi bukan peristiwa gerakan tetapi peristiwa emosi dan melupakan aktivitas pada waktu senggang yang membuat orang menjadi senang untuk mengembalikan tenaga baik fisik maupun mental.
              KaplanRekreasi  adalah suatu aktivitas yang di lakukan secara ringan pada waktu luang secara  suka rela sebagai akibat dari pemulihan kerja berat yang di lakukan.
              De GrasiaRekreasi adalah aktifitas yang mengistirahatkan seseorang dari bekerja dan memberikan kepadanya suatu pemulihan seta perubahan saat bekerja kembali.

Ciri – cirri Rekreasi:
1.      Rekreasi adalah suatu aktivitas yang artinya : kegitan tersebut dapat bersifat fisik, mental, emosi, social, dan spiritual.
2.      Aktivitas rekreasi tidak berbentuk, artinya : semua kegiatan yang di lakukan oleh manusia dapat di  jadikan kegiatan rekreasi asal di lakukan dalam waktu senggang.
3.      Rekreasi adalah universal yang artinya : rekreasi adalah sesuatu pernyataan lahir dan batin   dari manusia sepanjang masa untuk semua orang, walaupun tidak semua orang merasakan rekreasi.
4.      Rekreasi adalah fleksibel yang artinya : rekreasi tidak di batasi oleh tempat, dimana  saja sesuai dengan bentuk dan macam kegiatan rekreasi yang dapat di lakukan.

Tujuan Rekreasi menurut Hasan Said, 1979 :
·         Membina kesehatan dan kesegaran fisik, mental, emosional, dan social.
·         Mendapatkan kegembiraan.
·         Mempertahankan keseimbangan pertumbuhan jasmani dan ruhani.
·         Memupuk kreatifitas.
·         Persaingan sehat antar teman dalam mengisi kehidupan.
·         Memupuk system kehidupan social gotong royong.
·         Mewujudkan warga Negara yang baik.
·         Mengembangkan bakat.

Macam – macam Rekreasi:
·         Darmawisata
·         Memancing
·         Menikmati kehidupan alam pantai dan pegunungan
·         Menonton pertunjukan yang menyenangkan
·         Out bond

Pengertian “waktu luang”
Waktu luang adalah sejumlah waktu yang selalu di hubungkan dengan waktu yang tidak di gunakan, waktu lebih, waktu bebas dimana seseorang secara relative dapat mengerjakan sesuatu yang di senangi.


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Definisi Rekreasi Menurut Para Ahli. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2013/01/definisi-rekreasi-menurut-para-ahli.html

0 comments:

Poskan Komentar