PERATURAN PERTANDINGAN BOLA VOLI PUTRA DAN PUTRI
TINGKAT SMA/SMK/MA SE-DERAJAT
SE-JAWA BARAT
1.
Peraturan/Persyaratan Tim Peserta dan Pemain
a.
Setiap tim yang berpastisipasi dalam pertandingan ini, yang merupakan tim yang
mewakili SMA/SMK/MA Sederajat yang terdaftar serta berada pada lingkunga Jawa
barat;
b.
Setiap tim yang berpartisipasi pada kejuaran
ini dibatasi jumlah pemainnya. Yang terdaftar dan pemain yang syah masuk ke DSP
setiap pertandingan hanya 12 orang. Jadi jumlah pemain 12 orang dan 2 orang official;
c.
Pemain adalah pelajar aktif
yang terdaftar sebagai pelajar tingkat SMA/SMK/MA Sederajat yang terdaftar
serta berada pada lingkunga Jawa barat;
d.
Persyaratan pemain yang wajib dikumpulkan
e.
Pendaftaran
f.
Setiap tim harus memiliki seorang coach,
asisten coach, dan trainer, yang akan mendampingi tim saat bertanding
g.
Setiap tim wajib hadir dilapangan 30 menit
sebelum pertandingan di mulai, dan akan dipanggil oleh panitia untuk mengisi
DSP, harus diserahkan kembali kepada panitia 15 menit sebelum pertandingan dimulai dan akan di lakukan cek pemain.
h.
Dibench pemain hanya ada 9 orang, yang
terdiri dari 6 pemain inti dan 3 cadangan
(termasuk libero) dan 2 orang
official;
2. Sanksi-sanksi
a. Setiap
tim yang melakukan segala bentuk kekerasan, keributan, perkelahian di lapangan
akan dikenakan sanksi diskualifikasi dan akan diserahkan kepada pihak yang
berwajib;
b. Setiap
tim pada kejuaraan Pekan Prestasi Pelajar 2013 wajib hadir pada saat acara
pembukaan.
c. Pemain
yang terdaftar di timnya, yang tidak dapat dibuktikan dengan persyaratan yang
telah ditentukan sebelum kejuaraan dimulai, pemain tersebut dinyatakan
didiskualifikasi dari kejuaraan.
d. Penghinaan,
perkelahian atau pemukulan, dan atau kerusuhan dalam suatu pertandingan atau
diluar lapangan akan tetapi berkaitan dengan pertandingan yang sedang
berlangsung, maka tim tersebut dinyatakan mengundurkan diri/di diskualifikasi
dari kejuaraan pekan prestasi pelajar 2013 Bola voli.
3. Sistem
Pertandingan
Kejuaraan ini akan
menggunakan sistem gugur tunggal.
4. Wasit
Wasit pada kejuaraan ini adalah
wasit yang berasal dari PBVSI, yang sudahmempunyai lisensi/
akreditasi yang diakui oleh PBVSI. Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak
dapat diganggu gugat.
5. Peraturan
Permainan
Semua peraturan permainan
pada kejuaran ini adalah peraturan permaina pada umumnya, yang
mengacu kepada buku peraturan permainan PBVSI terbaru.
6. Peraturan
WO
Batas keterlambatan suatu
tim 15 menit dari jadwal yang sudah dijadwalkan oleh panitia, jika melebihi
batas waktu 15 menit yang telah diberikan, maka tim tersebut akan dinyatakan
WO, dan tim lawan akan diberikan kemenangan.
7. Bola
Dan Kostum
Bola :
a. Bola
yang digunakan dalam pertandingan adalah bola panitia.
b. Bola
yang digunakan untuk pemanasan adalah bola masing-masing peserta / regu.
Kostum (celana dan kaos
tim) :
a. Setiap
pemain yang akan main harus memakai kaos tim seragam bernomor punggung kecuali
libero
8.
Peraturan Tunda
Apabila
terjadi Force major, yang disebabkan oleh alam dan lain-lain, yang diluar kuasa
panitia. Maka pertandingan akan ditunda. Dan jadwal akan dikonfirmasikan
beberapa saat kemudian.
9.
Aturan Protes
a. Setiap
regu dapat mengajukan protes kepada pemimpin pertandingan mengenai suatu
kejadian yang dilakukan bertentangan dengan peraturan yang berlaku.
b. Protes
harus dilakukan secara tertulis paling lambat 15 menit setelah pertandingan
selesai dilaksanakan dengan tembusan kepada regu yang diprotes.
c. Protes
harus dilakukan / diajukan secara tertulis oleh tim manager / kapten / coach.
d. Diterima
atau tidaknya protes yang di ajukan, disampaikan secara lisan atau tertulis
oleh komisi hakim melalui ketua pertandingan kepada kapten / tim manager /
coach yang bersangkutan.
e. Sekali
mengajukan protes di kenakan biaya Rp. 100.000,-. Menang atau
kalah uang protes milik panitia penyelenggara.
10. Juara
Dan Hadiah
Hadiah
dan penghargaan pada kejuaran ini, akan ditetapkan dalam keputusan sendiri oleh
Panitia.
11. Pertemuan
Teknik
Pertemuan
teknik untuk membahas masalah :
1. Perkenalan
panitia pelaksana, wasit dan peserta.
2. Pengesahan
pemain.
3. Penjelasan
peraturan-peraturan
4. Undian.
5. Pembahasan
hal-hal lain yang belum jelas.
Pertemuan
Teknik Akan Dilaksanakan Pada :
Hari,
Tanggal : Minggu,
5 Mei 2013
Waktu : pukul
14.00 WIB.
Tempat : Kampus
STKIP Sebelas April Sumedang
Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang,
*)
Apabila perwakilan tersebut tidak hadir, maka pihak yang
bersangkutan dianggap bersedia diwakili dan dianggap menyetujui semua hasil
technical meeting.
12. 12.
Keterangan :
Semua
persyaratan dimasukkan ke dalam map di bawa saat melakukan daftar ulang.
13. Hal-hal
lain
Hal-hal
lain yang tidak dicantumkan pada peraturan pertandingan ini, semuanya akan
diatur oleh panitia yang berpedoman dasar pada peraturan permainan dan
peraturan pertandingan pada umumnya dan ditetapkan oleh panitia penyelenggara.
Anda sedang membaca artikel Ketentuan Khusus dalam Pertandingan Bola Voli. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini.
Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:
0 comments:
Posting Komentar