EnsikloPenjas

Kamis, 06 Juni 2013

Ketentuan Khusus dalam Pertandingan Bola Voli


PERATURAN PERTANDINGAN BOLA VOLI PUTRA DAN PUTRI
TINGKAT SMA/SMK/MA SE-DERAJAT
SE-JAWA BARAT

1.      Peraturan/Persyaratan Tim Peserta dan Pemain
a.       Setiap tim yang berpastisipasi dalam pertandingan ini, yang  merupakan tim yang mewakili SMA/SMK/MA Sederajat yang terdaftar serta berada pada lingkunga Jawa barat;
b.      Setiap tim yang berpartisipasi pada kejuaran ini dibatasi jumlah pemainnya. Yang terdaftar dan pemain yang syah masuk ke DSP setiap pertandingan hanya 12 orang. Jadi jumlah pemain 12 orang dan 2 orang official;
c.       Pemain adalah pelajar aktif yang terdaftar sebagai pelajar tingkat SMA/SMK/MA Sederajat yang terdaftar serta berada pada lingkunga Jawa barat;
d.      Persyaratan pemain yang wajib dikumpulkan
e.       Pendaftaran
f.       Setiap tim harus memiliki seorang coach, asisten coach, dan trainer, yang akan mendampingi tim saat bertanding
g.      Setiap tim wajib hadir dilapangan 30 menit sebelum pertandingan di mulai, dan akan dipanggil oleh panitia untuk mengisi DSP, harus diserahkan kembali kepada panitia 15 menit sebelum pertandingan dimulai dan akan di lakukan cek pemain.
h.      Dibench pemain hanya ada 9 orang, yang terdiri dari 6 pemain inti dan 3  cadangan (termasuk libero) dan orang official;

2.      Sanksi-sanksi
a.       Setiap tim yang melakukan segala bentuk kekerasan, keributan, perkelahian di lapangan akan dikenakan sanksi diskualifikasi dan akan diserahkan kepada pihak yang berwajib;
b.      Setiap tim pada kejuaraan Pekan Prestasi Pelajar 2013 wajib hadir pada saat acara pembukaan.
c.       Pemain yang terdaftar di timnya, yang tidak dapat dibuktikan dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelum kejuaraan dimulai, pemain tersebut dinyatakan didiskualifikasi dari kejuaraan.
d.      Penghinaan, perkelahian atau pemukulan, dan atau kerusuhan dalam suatu pertandingan atau diluar lapangan akan tetapi berkaitan dengan pertandingan yang sedang berlangsung, maka tim tersebut dinyatakan mengundurkan diri/di diskualifikasi dari kejuaraan pekan prestasi pelajar 2013 Bola voli.

3.      Sistem Pertandingan
Kejuaraan ini akan menggunakan sistem gugur tunggal.

4.      Wasit
Wasit pada kejuaraan ini adalah wasit yang berasal dari PBVSI, yang sudahmempunyai lisensi/ akreditasi yang diakui oleh PBVSI. Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5.      Peraturan Permainan
Semua peraturan permainan pada kejuaran ini adalah peraturan permaina pada umumnya, yang mengacu kepada buku peraturan permainan PBVSI terbaru.

6.      Peraturan WO
Batas keterlambatan suatu tim 15 menit dari jadwal yang sudah dijadwalkan oleh panitia, jika melebihi batas waktu 15 menit yang telah diberikan, maka tim tersebut akan dinyatakan WO, dan tim lawan akan diberikan kemenangan.

7.      Bola Dan Kostum
Bola :
a.    Bola yang digunakan dalam pertandingan adalah bola panitia.
b.    Bola yang digunakan untuk pemanasan adalah bola masing-masing peserta / regu.
Kostum (celana dan kaos tim) :
a.    Setiap pemain yang akan main harus memakai kaos tim seragam bernomor punggung kecuali libero

8.      Peraturan Tunda
Apabila terjadi Force major, yang disebabkan oleh alam dan lain-lain, yang diluar kuasa panitia. Maka pertandingan akan ditunda. Dan jadwal akan dikonfirmasikan beberapa saat kemudian.

9.      Aturan Protes
a.    Setiap regu dapat mengajukan protes kepada pemimpin pertandingan mengenai suatu kejadian yang dilakukan bertentangan dengan peraturan yang berlaku.
b.    Protes harus dilakukan secara tertulis paling lambat 15 menit setelah pertandingan selesai dilaksanakan dengan tembusan kepada regu yang diprotes.
c.    Protes harus dilakukan / diajukan secara tertulis oleh tim manager / kapten / coach.
d.   Diterima atau tidaknya protes yang di ajukan, disampaikan secara lisan atau tertulis oleh komisi hakim melalui ketua pertandingan kepada kapten / tim manager / coach yang bersangkutan.
e.    Sekali mengajukan protes di kenakan biaya Rp. 100.000,-. Menang atau kalah uang protes milik panitia penyelenggara.

10.  Juara Dan Hadiah
Hadiah dan penghargaan pada kejuaran ini, akan ditetapkan dalam keputusan sendiri oleh Panitia.

11.  Pertemuan Teknik
Pertemuan teknik untuk membahas masalah :
1.    Perkenalan panitia pelaksana, wasit dan peserta.
2.    Pengesahan pemain.
3.    Penjelasan peraturan-peraturan
4.    Undian.
5.    Pembahasan hal-hal lain yang belum jelas.

Pertemuan Teknik Akan Dilaksanakan Pada :
Hari, Tanggal            Minggu, 5 Mei 2013
Waktu                        pukul 14.00 WIB.
Tempat                       Kampus STKIP Sebelas April Sumedang
  Jl. Angkrek Situ No. 19 Sumedang,

*) Apabila perwakilan tersebut tidak hadir, maka pihak yang bersangkutan dianggap bersedia diwakili dan dianggap menyetujui semua hasil technical meeting.

12.  12. Keterangan   :
Semua persyaratan dimasukkan ke dalam  map di bawa saat melakukan daftar ulang.

13.  Hal-hal lain
Hal-hal lain yang tidak dicantumkan pada peraturan pertandingan ini, semuanya akan diatur oleh panitia yang berpedoman dasar pada peraturan permainan dan peraturan pertandingan pada umumnya dan ditetapkan oleh panitia penyelenggara.




Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Ketentuan Khusus dalam Pertandingan Bola Voli. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2013/06/ketentuan-khusus-dalam-pertandingan.html

0 comments:

Posting Komentar