EnsikloPenjas

Kamis, 06 Juni 2013

Latar Belakang Proposal Skripsi Shooting pada Pembelajaran Sepak Bola


Judul : Pengaruh Metode Komando Dan Metode Self Teaching Terhadap Keterampilan Menendang Bola Pada Pembelajaran Sepak Bola

Latar Belakang
Sepak bola merupakan olaharaga permainan yang sangat digandrungi oleh masyarakat oleh semua kalangan, bahkan dalam kurikulum pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas sepak bola masuk kedalam salah satu permainan bola besar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan rekreasi. Hal tersebut karena didalam permainan sepak terdapat unsur aktivitas jasmani dan pembinaan untuk pertumbuhan dan pengembangan jasmani, sportifitas, mental, sosial, serta emosional yang terencana dalam rangka tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tacling), lemparan kedalam (throw–in) dan menjaga gawang (goal keeping).
Gerakan yang paling dominan dari permainan ini adalah menendang. Dengan gerakan menedang saja anak-anak sudah dapat bermain sepak bola. Menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.
Penguasaan pola gerak dominan merupakan syarat mutlak guna terbentuknya keterampilan khas dalam suatu cabanga olahraga, termasuk cabang olahraga sepak bola. Siswa yang kurang cakap dalam menendang bola, maka pemain tersebut akan menemui kesulitan dalam beramain sepak bola. Untuk itu pola gerak dominan sangat perlu dimiliki oleh siswa sebelum bermain sepak bola.
Yang terjadi di lapangan banyak kasus siswa yang tidak benar-benar menguasai gerak dasar dalam melakukan tendangan. Siswa merasa kesulitan karena berbagai macam faktor yang ditimbulkan diantaranya: sulit untuk mengaplikasikan intruksi yang diberikan oleh guru kedalam suatu gerakan; kurangnya waktu latihan dalam proses pembelajaran; pemilihan metode ajar yang kurang tepat; keterbatasan sarana dan saran serta masih banyak lainnya.
Untuk menguasai teknik dasar menendang bola perlu penguasaan keterampilan yang diikuti dengan latihan. Dalam mata pelajaran pendidikan jasmani faktor pemilihan metode mengajar yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan siswa untuk mudah memahami, mengerti, dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dalam rencana pelaksanaan pengajaran.
Dari uraian latar belakang diatas, penulis tertarik untuk merencanakan penelitian dengan menggunakan metode komando dan metode self teaching sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar menendang dalam pembelajaran sepak bola.


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Latar Belakang Proposal Skripsi Shooting pada Pembelajaran Sepak Bola . Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2013/06/latar-belakang-proposal-skripsi.html

0 comments:

Posting Komentar