EnsikloPenjas

Senin, 04 Februari 2013

Makalah Pendidikan Rekreasi


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan Rekreasi adalah suatu program pendidikan non-formal yang menyediakan kesempatan bagi setiap individu untuk mengembangkan keterampilan jasmani, sikap sosial, mental kebiasaan dan penghayatan (psiko-sosial) dan keterampilan intelektual (kognitif) secara harmonis dan proporsional yang pada gilirannya nanti akan membentuk kepribadian serta tingkah laku seseorang.
Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung dilapangan melalui kegiatan-kegiatan seperti pendidikan di alam terbuka (out door education/school), misalnya study tour, perjalanan lapangan, dan pendidikan petualangan di alam terbuka (outdoor adventureseducation) serta kegiatan-kegiatan lainnya, seperti olahraga rekreatif, aktivitas permainan termasuk permainan tradisional dan kesenian, jenis-jenis aktivitas jasmani yang lainnya.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan rekreasi digunakan sebagai wahana atau pengalaman belajar. Melalui pengalaman belajar inilah, maka siswa sebagai peserta didik akan tumbuh dan berkembang guna mencapai tujuan pendidikan. Lebih lanjut, program ini pada dasarnya menganut prinsip belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing), belajar sambil mengulang-ngulang dan berusaha untuk memperbaiki (trial and refinement), serta menganut belajar selama hidup (long life learning).
Para ahli memandang bahwa rekreasi adalah aktivitas untuk mengisi waktu senggang. Akan tetapi, rekreasi dapat pula memenuhi salah satu definisi “penggunaan berharga dari waktu luang.” Dalam pandangan itu, aktivitas diseleksi oleh individu sebagai fungsi memperbaharui ulang kondisi fisik dan jiwa, sehingga tidak berarti hanya membuang-buang waktu atau membunuh waktu. Rekreasi adalah aktivitas yang menyehatkan pada aspek fisik, mental dan sosial. Jay B. Nash menggambarkan bahwa rekreasi adalah pelengkap dari kerja, dan karenanya merupakan kebutuhan semua orang.

Dengan demikian, penekanan dari rekreasi adalah dalam nuansa “mencipta kembali” (re-creation) orang tersebut, upaya revitalisasi tubuh dan jiwa yang terwujud karena ‘menjauh’ dari aktivitas rutin dan kondisi yang menekan dalam kehidupan sehari-hari. Landasan kependidikan dari rekreasi karenanya kini diangkat kembali, sehingga sering diistilahkan dengan pendidikan rekreasi, yang Tujuan utamanya adalah mendidik orang dalam bagaimana memanfaatkan waktu senggang mereka.


BAB II
PERMASALAHAN
2.1    Rumusan Masalah
Rekreasi berarti membangun minat dan menciptakan kembali kesegaran pikiran dan perasaan kita. Jadi kalau berekreasi itu berarti kita melakukan suatu perbuatan atau kegiatan yang menyenangkan hati, yang dapat membangun minat serta dapat menciptakan kembali kesegaran pikiran dan perasaan kita. Karena itu rekreasi itu sangat penting untuk mencegah dan bahkan melawan segala arus kerutinan, pangkal kebosanan dan keletihan.
Rekreasi itu merupakan kebutuhan mutlak manusia. Dengan berekreasi kita menata kembali keseimbangan diri. Setelah tenaga kita kembali utuh, kegiatan semula akan kita lakukan lagi dengan semangat dan gairah baru.
Pendidikan rekreasi merupakan proses ajar melalui kegiatan rekreasi dan sekaligus pula sebagai proses ajar untuk menguasai aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Istilah lainnya adalah pendidikan waktu luang. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, pendidikan rekreasi juga memperbaharui ulang kondisi fisik dan jiwa, sehingga tidak berarti hanya membuang-buang waktu atau membunuh waktu.
Dengan demikian, penekanan dari rekreasi adalah dalam nuansa “mencipta kembali” (re-creation) orang tersebut, upaya revitalisasi tubuh dan jiwa yang terwujud karena ‘menjauh’ dari aktivitas rutin dan kondisi yang menekan dalam kehidupan sehari-hari. Landasan kependidikan dari rekreasi karenanya kini diangkat kembali, sehingga sering diistilahkan dengan pendidikan rekreasi, yang Tujuan utamanya adalah mendidik orang dalam bagaimana memanfaatkan waktu senggang mereka.
Untuk lebih memperjelas dan memahami makna dari pendidikan rekreasi, maka dibuatlah rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan rekreasi?
2.      Apa yang dimaksud dengan pendidikan rekreasi?
3.      Apa tujuan pendidikan rekreasi?
4.      Bagaimana peran pendidikan rekreasi?
5.      Apa fungsi pendidikan rekreasi bagi siswa?
6.      Bagaimana nilai pendidikan rekreasi?

2.2  Tujuan Makalah
Mengacu  pada rumusan masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui pengertian rekreasi?
2.      Untuk mengetahui pengertian pendidikan rekreasi?
3.      Untuk mengetahui tujuan pendidikan rekreasi?
4.      Untuk mengetahui peran pendidikan rekreasi?
5.      Untuk mengetahui fungsi pendidikan rekreasi?
6.      Untuk mengetahui nilai yang terkandung dalam pendidikan rekreasi?

2.3  Metode Penyusunan Makalah
Metode penulisan yang penulis gunakan dalam penyusunan makalah ini adalah Metode Kepustakaan yakni suatu penelitian yang digerakkan untuk meneliti dan memecahkan masalah dengan mengambil beberapa buku yang ada hubungannya dengan makalah ataupun literatur lain yang terkait serta menggunakan artikel-artikel yang berasal dari internet.




BAB III
PEMBAHASAN

3.1  Definisi Rekreasi
Rekreasi, dari bahasa Latin,re-creare, yang secara harfiah berarti “membuat ulang”, adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani seseorang. Hal ini adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang selain pekerjaan. Kegiatan yang umum dilakukan untuk rekreasi adalah pariwisata, olahraga, permainan, dan hobi. Kegiatan rekreasi umumnya dilakukan pada akhir pekan.
3.1.1        Definisi rekreasi menurut para ahli :
·       Hammerman et.al ( 1985 ) telah mendefinisikan Sukan Rekreasi sebagai landasan untuk mengenal pasti pelbagai pengetahuan yang boleh dipraktikkan dalam situasi seharian.
·       Ford (1981) mendefinisikan Rekreasi sebagai program yang meliputi penggunaan persekitaran semula jadi bagi tujuan mengukuhkan pengajaran dan pembelajaran kurikulum yang sedia ada. Ini merangkumi perkembangan pengetahuan, kemahiran dan sikap khususnya penggunaan masa senggang.
·       Knapp ( 1981 ) menyatakan bahwa Rekreasi sebagai alat untuk mencapai pendidikan yang objektif.
·       Kraus , Rekreasi adalah aktivitas atau pengalaman yang di peroleh atau di lakukan dalam waktu senggang dan biasanya di laksanakan di waktu senggang.
·       Mary Helen, Rekreasi bukan peristiwa gerakan tetapi peristiwa emosi dan melupakan aktivitas pada waktu senggang yang membuat orang menjadi senang untuk mengembalikan tenaga baik fisik maupun mental.
·       Kaplan, Rekreasi  adalah suatu aktivitas yang di lakukan secara ringan pada waktu luang secara  suka rela sebagai akibat dari pemulihan kerja berat yang di lakukan.
·       De Grasia, Rekreasi adalah aktifitas yang mengistirahatkan seseorang dari bekerja dan memberikan kepadanya suatu pemulihan seta perubahan saat bekerja kembali.Para ahli memandang bahwa rekreasi adalah aktivitas untuk mengisi waktu senggang. Akan tetapi, rekreasi dapat pula memenuhi salah satu definisi “penggunaan berharga dari waktu luang.
Dalam pandangan itu, aktivitas diseleksi oleh individu sebagai fungsi memperbaharui ulang kondisi fisik dan jiwa, sehingga tidak berarti hanya membuang-buang waktu atau membunuh waktu. Rekreasi adalah aktivitas yang menyehatkan pada aspek fisik, mental dansosial. Jay B. Nash menggambarkan bahwa rekreasi adalah pelengkap dari kerja dan karenanya merupakan kebutuhan semua orang.
3.1.2        Ciri – ciri Rekreasi
Ciri-ciri rekreasi adalah sebagai berikut  :
·       Rekreasi adalah suatu aktivitas yang artinya : kegitan tersebut dapat bersifat fisik, mental, emosi, social, dan spiritual
·       Aktivitas rekreasi tidak berbentuk, artinya : semua kegiatan yang di lakukan oleh manusia dapat di  jadikan kegiatan rekreasi asal di lakukan dalam waktu senggang
·       Rekreasi adalah universal yang artinya : rekreasi adalah sesuatu pernyataan lahir dan batin   dari manusia sepanjang masa untuk semua orang, walaupun tidak semua orang merasakan rekreasi
·       Rekreasi adalah fleksibel yang artinya : rekreasi tidak di batasi oleh tempat, dimana  saja sesuai dengan bentuk dan macam kegiatan rekreasi yang dapat di lakukan.
3.1.3   Tujuan Rekreasi
Menurut Krippendorf (1994), kegiatan rekreasi merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Kegiatan tersebut ada yang diawali dengan mengadakan perjalanan ke suatu tempat. Secara psikologi banyak orang di lapangan yang merasa jenuh dengan adanya beberapa kesibukan dan masalah, sehingga mereka membutuhkan istirahat dari bekerja, tidur dengan nyaman, bersantai sehabis latihan, keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan, mempunyai teman bekerja yang baik, kebutuhan untuk hidup bebas, dan merasa aman dari resiko buruk. Melihat beberapa pernyataan di atas, maka rekreasi dapat disimpulkan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang untuk satu atau beberapa tujuan, diantaranya untuk kesenangan, kepuasan, penyegaran sikap dan mental yang dapat memulihkan kekuatan baik fisik maupun mental.
Banyak nilai yang dapat diperoleh dari rekreasi dengan menggunakan dasar persekutuan. Ketegangan dapat dilepaskan dan energi yang ada dapat digunakan dengan cara-cara yang berguna. Anak-anak dapat diajari bagaimana berolah raga dalam berbagai kegiatan sehingga kemampuan individu dapat dibangun dan ditingkatkan melalui rekreasi. Anak-anak perlu belajar berelasi dengan orang lain di arena bermain sebagaimana di dalam kelas atau rumah. Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun, dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu manfaat penting dari rekreasi adalah dalam pembentukan karakter/sifat. Telah dikatakan bahwa “anak-anak belajar melalui bermain”. Melalui suatu program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya. Tantangan pada pengajaran yang efektif dengan menggunakan latar alami amat tidak terbatas bagi para pemimpin dan para guru. Tujuan rekreasi adalah:
1.    Pengisi waktu luang
2.    Pelepas lelah, kebosanan dan kepenatan
3.    Sebagai imbangan subsisten activity (kegiatan pengganti/pelengkap), contoh pendidikan dan pekerjaan/bekerja
4.    Sebagai pemenuh fungsi sosial (fungsi sosial ini dilakukan untuk kegiatan berkelompok serta rekreasi aktif). Untuk memperoleh kesegaran jasmani dengan olahraga yang menyenangkan dan memperoleh kesenangan.

3.1.4   Jenis-Jenis Rekreasi
3.1.4.1  Pariwisata
Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.
Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi; jasa keramahan - tempat tinggal, makanan, minuman; dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian.
Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
3.1.4.2        Olahraga
Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani (misalkan olahraga tradisional dan modern).
3.1.4.3       Permainan
Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang- senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama.Permainan ada tingkatannya berdasarkan umur, ada permainan anak dan ada permainan dewasa.Ada juga permainan untuk umum yaitu permainan computer.
3.1.4.4       Hobi
Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby".Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulkan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa.

3.2    Definisi Pendidikan Rekreasi
Pendidikan Rekreasi adalah suatu program pendidikan non-formal yang menyediakan kesempatan bagi setiap individu untuk mengembangkan keterampilan jasmani, sikap sosial, mental kebiasaan dan penghayatan (psiko-sosial) dan keterampilan intelektual (kognitif) secara harmonis dan proporsional yang pada gilirannya nanti akan membentuk kepribadian serta tingkah laku seseorang.
Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung dilapangan melalui kegiatan-kegiatan seperti pendidikan di alam terbuka (out door education / school), misalnya study tour, perjalanan lapangan, dan pendidikan petualangan di alam terbuka (outdoor adventureseducation) serta kegiatan-kegiatan lainnya, seperti olahraga rekreatif, aktivitas permainan termasuk permainan tradisional dan kesenian, jenis-jenis aktivitas jasmani yang lainnya. Adapun pengertian pendidikan rekreasi lainnya adalah proses ajar melalui kegiatan rekreasi dan sekaligus pula sebagai proses ajar untuk menguasai aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Istilah lainnya adalah pendidikan waktu luang .
Dalam pelaksanaannya, kegiatan rekreasi digunakan sebagai wahana atau pengalaman belajar. Melalui pengalaman belajar inilah, maka siswa sebagai peserta didik akan tumbuh dan berkembang guna mencapai tujuan pendidikan. Lebih lanjut, program ini pada dasarnya menganut prinsip belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing), belajar sambil mengulang-ngulang dan berusaha untuk memperbaiki (trial and refinement), serta menganut belajar selama hidup (long life learning).
Prinsip dari proses pembelajaran di alam terbuka atau luar kelas itu, pada hakekatnya memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman langsung yang menyenangkan dan menarik (karena keunikannya, nilai dan spesifik) di lapangan, dalam rangka belajar membangun hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan alam. Dalam kegiatan ini siswa dapat mempelajari beberapa hal, seperti dipaparkan oleh Bouckard (1991) sebagai berikut :
a.       Konsep dan pengetahuan yang menarik tentang manusia dan alam sekitar.
b.      Keterampilan membudayakan pola hidup sehat (pribadi dan lingkungan), kesejahteraan manusia dan lingkungan.
c.       Mengembangkan sikap dan hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan alam sekitar.

3.3    Tujuan Pendidikan Rekreasi
Adapun tujuan pendidikan rekreasi sebagai berikut (Sesssom, 1984) :
·       Untuk mengembangkan rasa menghargai dan mencintai lingkungan serta melestarikannya.
·       Untuk mengembangkan pengertian dan kemampuan serta pemahaman akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan menggunakan secara bijaksana.
·       Menggugah kesadaran manusia akan pentingnya membina hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya serta agar semakin mengenal sifat atau karakternya.
·       Membantu mengembangkan secara positif tingkah laku serta hubungan sosial setiap individu.
·       Membantu mengembangkan ilmu pengetahuan tentang praktek hidup yang sehat.
·       Membantu membuat pelajaran di kelas agar menjadi lebih berarti melalui pengalaman langsung dari pengalaman.
·       Membuka peluang membangun kerjasama antar masyarakat sekolah dengan organisasi pelayanan rekreasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
·       Menumbuhkan dan memperkuat rasa percaya diri dan harga diri yang merupakan pondasi yang kuat untuk menumbuhkan ‘self concept’.
·       Mempererat persaudaraan dan tumbuhnya saling mendukung diantara anggota kelompok.
·       Menambah atau meningkatkan keterampilan dan koordinasi.
·       Menambah kesenangan pribadi serta rasa kebersamaan antara anggota kelompok.
·       Mendidik seseorang untuk dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif dalam arti tidak merugikan diri sendiri, orang lain atau lingkungan dan sebaliknya mencegah munculnya kegiatan negatif, seperti penggunaan narkoba, vaudalisme kegiatan destruktif, dan kegiatan negatif lain yang sejenis.
·       Mengembangkan budaya hidup sehat baik untuk pribadi maupun untuk orang lain atau lingkungan alamnya.
·       Meningkatkan skill seperti permainan tradisional, melukis, pekerjaan tangan, menarik dan sebagainya.
·       Menambah gairah belajar agar meningakat.
·       Dapat mensyukuri kebesaran Tuhan melalui kegiatan rekreasi seperti mendaki gunung, pergi ke kebun binatang, melihat gerhana bulan atau matahari.
·       Dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air terutama dalam mempersatukan perbedaan antar suku.
·       Dapat membentuk personaliti atau membentuk kepribadian yang tangguh dan mandiri.

3.4    Peran Pendidikan Rekreasi
Menurut Krippendorf (1994), kegiatan rekreasi merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Kegiatan tersebut ada yang diawali dengan mengadakan perjalanan ke suatu tempat. Secara psikologi banyak orang di lapangan yang merasa jenuh dengan adanya beberapa kesibukan dan masalah, sehingga mereka membutuhkan istirahat dari bekerja, tidur dengan nyaman, bersantai sehabis latihan, keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan, mempunyai teman bekerja yang baik, kebutuhan untuk hidup bebas, dan merasa aman dari resiko buruk. Melihat beberapa pernyataan di atas, maka rekreasi dapat disimpulkan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang untuk satu atau beberapa tujuan, diantaranya untuk kesenangan, kepuasan, penyegaran sikap dan mental yang dapat memulihkan kekuatan baik fisik maupun mental
Banyak nilai yang dapat diperoleh dari rekreasi dengan menggunakan dasar persekutuan. Ketegangan dapat dilepaskan dan energi yang ada dapat digunakan dengan cara-cara yang berguna. Anak-anak dapat diajari bagaimana berolah raga dalam berbagai kegiatan sehingga kemampuan individu dapat dibangun dan ditingkatkan melalui rekreasi. Anak-anak perlu belajar berelasi dengan orang lain di arena bermain sebagaimana di dalam kelas atau rumah. Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun, dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu manfaat penting dari rekreasi adalah dalam pembentukan karakter/sifat. Telah dikatakan bahwa “anak-anak belajar melalui bermain”. Melalui suatu program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya. Tantangan pada pengajaran yang efektif dengan menggunakan latar alami amat tidak terbatas bagi para pemimpin dan para guru.

3.5    Fungsi Pendidikan Rekreasi Bagi Siswa
Rekreasi merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan. Sebab itu rekreasi dalam pendidikan merupakan penunjang proses pendidikan dan salah satu media untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai media pendidikan, rekreasi dan pendidikan mempunyai fungsi sebagai berikut.
1.      Menambah atau memperkaya pengetahuan dan wawasan
Dengan mengikuti kegiatan pendidikan rekreasi, maka murid akan memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan yang tidak diperoleh dalam kegiatan intrakurikuler di sekolah.
Kegiatan rekreasi dapat berupa berkemah, berkunjung ke museum atau peninggalan sejarah/kepurbakalaan, dan mengamati flora dan fauna. Dengan kegiatan tersebut murid akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang beraneka ragam sesuai dengan bentuk dan jenis kegiatannya.
2.      Meningkatkan ketangkasan dan keterampilan
Dengan melakukan berbagai kegiatan pendidikan rekreasi, maka para murid akan dapat meningkatkan ketangkasan dan keterampilannya. Jenis kegiatan pendidikan rekreasi adalah : permainan, pekerjaan tangan, melukis, menari, dan lain-lain. Kesemua kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan kelak di kemudian hari.
3.      Memperbaharui gairah belajar
Sesuai dengan pengertian bahwa rekreasi mengandung arti pemulihan, maka dengan berekreasi, semangat dan gairah belajar murid diharapkan meningkat. Di samping bisa mengalihkan dan menciptakan suasana baru, pendidikan rekreasi juga bisa dijadikan sebagai media untuk mencari kesegaran, kegembiraan, dan kepuasan.
4.      Mananamkan sikap yang kreatif dan social
Dengan mengikuti pendidikan rekreasi, murid dapat memperoleh pengalaman baru yang positif. Kegiatan rekreasi tersebut misalnya, hidup di alam terbuka dan wisata karya. Melalui kegiatan ini pada diri murid akan tertanam sifat seperti keberanian hidup mandiri, hidup bergotong-royong, hidup bermasyarakat, memperhalus dan meningkatkan rasa seni serta memupuk rasa percaya diri.
5.      Membentuk kepribadian yang lebih baik
Pendidikan rekreasi dapat mengembangkan kepribadian anak. Di dalamnya terdapat kegiatan yang mendidik murid untuk belajar hidup mandiri, bergotong-royong, mengenal adat istiadat penduduk setempat, mengenal hasil budaya masa lalu, memupuk rasa percaya diri sendiri dan sebagainya.
6.      Menanamkan rasa kagum dan syukur terhadap kebesaran ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
Dengan mengikuti pendidikan rekreasi, rasa kekaguman dan rasa syukur murid terhadap ciptaan Tuhan akan tertanam. Sehingga pada akhirnya rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan meningkat.
7.      Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsanya
Penanaman rasa cinta tanah air dan bangsa kepada anak, dapat dilakukan melalui kegiatan pendidikan rerkreasi. Sebab di dalamnya terdapat kegiatan yang bermanfaat seperti mengunjungi objek-objek pemandangan alam yang indah, mengunjungi peninggalan hasil kebudayaan masa lalu, mengenali adat istiadat suku-suku bangsa yang ada di tanah air dan lain sebagainya.

3.6    Nilai-nilai Pedidikan Rekreasi
Banyak nilai yang dapat diperoleh dari rekreasi dengan menggunakan dasar persekutuan. Ketegangan dapat dilepaskan dan energi yang ada dapat digunakan dengan cara-cara yang berguna. Anak-anak dapat diajari bagaimana berolah raga dalam berbagai kegiatan sehingga kemampuan individu dapat dibangun dan ditingkatkan melalui rekreasi. Anak-anak perlu belajar berelasi dengan orang lain di arena bermain sebagaimana di dalam kelas atau rumah.  Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun, dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu manfaat penting dari rekreasi adalah dalam pembentukan karakter/sifat. Telah dikatakan bahwa "anak-anak belajar melalui bermain".  Melalui suatu program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya.
Tantangan pada pengajaran yang efektif dengan menggunakan latar alami amat tidak terbatas bagi para pemimpin dan para guru.


BAB IV
PENUTUP
4.1    Kesimpulan
Pendidikan Rekreasi adalah suatu program pendidikan non-formal yang menyediakan kesempatan bagi setiap individu untuk mengembangkan keterampilan jasmani, sikap sosial, mental kebiasaan dan penghayatan (psiko-sosial) dan keterampilan intelektual (kognitif) secara harmonis dan proporsional yang pada gilirannya nanti akan membentuk kepribadian serta tingkah laku seseorang.
Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun, dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu manfaat penting dari rekreasi adalah dalam pembentukan karakter/sifat. Telah dikatakan bahwa "anak-anak belajar melalui bermain".  Melalui suatu program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya.

4.2    Saran
Penulis berharap dengan kegiatan pendidikan rekreasi ini bisa lebih mencintai tanah air terutama dalam mempersatukan perbedaan kebudayaan antar suku.Mengembangkan dan menyebarluaskan Ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup para lulusan dan masyarakat guna Tujuan Nasional.



DAFTAR PUSTAKA
Agus S. Suryo Broto. (2001) Teknoogi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Yogyakarta:FIK UNY.
Cece Wijaya dan A.Tabrani Rusyan.(1994).Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Roedakarya Offset.
Sukintaka.(1992). Teori bermain Pendidikan Jasmani.
Yogyakarta: ESA Grafika Solo.
(2001) Teori Bermain Pendidikan.
Yogyakarta: ESA Grafika Solo


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Makalah Pendidikan Rekreasi. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2013/02/makalah-pendidikan-rekreasi.html

0 comments:

Posting Komentar