EnsikloPenjas

Jumat, 07 Desember 2012

Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola

1.    Goal (Bola Masuk ke Gawang)
Bola masuk kegawang jika bolah seluruhnya telah melewati garis gawang yang berada diantara kedua tiang gawang dan palang gawang .

2.    Off Side
Offside terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya offside digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

3. Free Kick
Tendangan bebas biasa dilakukan oleh suatu tim jika terdapat pelanggaran yang dilakukan lawan bertandingnya. Tendangan bebas merupakan tendangan yang dilakukan tanpa mendapatkan gangguan dari pemain lawan. Pemain lawan boleh menghalangi di depannya, tapi pada jarak beberapa meter dari titik tendangan bebas dilakukan. Tendangan bebas yang biasa diberikan oleh wasit terdapat 2 jenis, yaitu tendangan bebas tidak langsung dan tendangan bebas langsung.
Tendangan bebas tidak langsung biasanya diberikan wasit apabila terjadi pelanggaran yang tidak terlalu keras. Tendangan bebas ini harus diawali dengan sentuhan pemain lain, sebelum sang eksekutor sebenarnya menendang ke arah gawang. Tidak boleh langsung mengarah ke gawang. Untuk tendangan bebas ini biasanya tandanya adalah wasit mengangkat tangannya lurus ke atas sambil meniup peluitnya.
Tendangan bebas langsung dilakukan jika terjadi pelanggaran yang cukup keras /berbahaya di dekat area kotak penalti lawan. Tendangan ini dapat langsung diarahkan ke gawang oleh sang eksekutor, tanpa menyentuh pemain lainnya terlebih dahulu. Untuk jenis tendangan bebas ini, wasit memberi tanda dengan mengangkat tangannya dan lurus menunjuk ke arah gawang sambil meniup peluitnya.
Para jagoan tendangan bebas di dunia ini sangat banyak. Dari Andrea Pirlo, David Beckham, Juninho Pernambucano, Alessandro Del Piero, sampai Christiano Ronaldo. Mereka memiliki tendangan yang sangat akurat ketika menjadi eksekutor tendangan bebas, baik memberi umpan maupun langsung mencetak gol ke gawang lawan. Ada yang tipikal nya menendang dengan sekera-kerasnya tapi akurat sehingga seringkali bola melayang tapi tidak berputar dan menghujam keras ke dalam gawang dan tidak mampu diantisipasi kiper lawan. Namun ada juga, tendangan bebas yang dilakukan dengan teknik tendangan parabola atau orang sering bilang tendangan pisang. Tendangan bebas jenis ini seringkali lebih mengecoh kiper maupun pemain yang menjadi pagar betis, karena arah bola yang seringkali tidak terduga tujuannya. Menendang ke kiri, tapi pada akhirnya berbelok ke kanan, begitu juga sebaliknya.
Maka dari itu, tendangan bebas jenis ini seringkali lebih mengecoh dan mampu menghasilkan gol yang tentunya menjadi tujuan sang eksekutor tendangan bebas itu sendiri

4. Corner Kick
Tendangan sudut atau corner kick biasa nya diberikan kepada tim, dimana tim lawan mengeluarkan bola ke area belakang garis gawangnya sendiri. Tendangan sudut dilakukan di area sudut lapangan yang terdapat bendera dan garis 1/4 lingkaran. Pemain diperbolehkan menendang dari dmana saja asal masih terdapat di dalam area garis 1/4 lingkaran tersebut yang biasa nya jug terdapat bendera.
Tendangan sudut merupakan salah satu cara yang digunakan suatu tim untuk mencetak gol ke gawang lawan. Biasanya dalam keadaan seperti ini, pemain berpostur tinggi akan sangat memanfaatkan keadaan dan biasanya pemain belakang juga maju sampai ke depan untuk membantu menciptakan peluang mencetak gol.Pemain yang melakukan tendangan sudut biasanya pemain yang memiliki akurasi tendangan / umpan yang akurat sehingga peluang mencetak gol semakin besar.
Tidak jarang juga pemain yang melakukan tendangan sudut, menendang atau mengarahkan bola langsung ke gawang dan membuahkan gol yang sangat spektakuler. Namun hal ini tidaklah pekerjaan yang mudah. Dan biasanya pemain yang melakukan hal ini adalah pemain yang memiliki bakat lebih dibandingkan yang lain.
Biasanya pemain yang melakukan hal tersebut, tendangannya menukik / melengkung tajam sehingga sulit diantisipasi kiper maupun pemain belakang lawan.
Beberapa pemain yang pernah melakukan hal ini adalah Juan Sebastian Veron, Sinisa Mihajlovic, dan Roberto Baggio. Mereka adalah spesialis pemain yang memiliki tendangan melengkung yang sangat akurat dan jeli dalam melihat pergerakan maupun posisi kiper dan pemain belakang untuk mencetak gol langsung dari sudut lapangan yang sering kali kita semua tidak menduga mereka akan melakukan hal tersebut.

5. Goal Kick
Tendangan ini di lakukan apabila :bola melampuhi garis gawang bola harus di tendang langsung kearah pemain sedangkan gol yang tercipta berkat tendangan ini tidak syah.

6. Throw in
Lemparan ke dalam atau throw in lebih sering dikenal sebagai cara untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan setelah bola dinyatakan out.

7. Ukuran Lapangan Sepak Bola
Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/12/istilah-istilah-dalam-sepak-bola.html

0 comments:

Posting Komentar