EnsikloPenjas

Jumat, 07 Desember 2012

Sejarah Organisasi Sepak Bola Dunia


FIFA (Fédération Internationale de Football Association-Prancis) atau International Federation of Association Football adalah organisasi yang mengurusi segala kesibukan di jagad sepakbola dunia.
Organisasi ini sendiri sudah berabad usianya. Ketika perhelatan akbar setingkat Piala Dunia digelar setiap empat tahun sekali, maka FIFA-lah yang berperan di belakang layar. Ingin tahu tentang FIFA lebih jauh? Simak baik-baik tulisan ini.

Sejarah FIFA dan Sepakbola
FIFA adalah badan organisasi resmi sepakbola, futsal, dan bola pantai di lingkup internasional. Kantor pusat FIFA berada di kota Zurich, Swiss. Ketua atau presiden FIFA adalah Sepp Blatter yang berasal dari Swiss. 
Blatter adalah presiden kedelapan FIFA, dia menggantikan Joao Havelange dari Brasil. Sepp Blatter dilantik pada 1998, terpilih kembali pada 2002 dan 2007 lalu. 

FIFA bertanggung jawab pada pertandingan-pertandingan kelas dunia yang melibatkan banyak negara. Selain itu, FIFA juga berhak menentukan berbagai macam peraturan dan kebijakan yang terkait dengan olahraga paling diminati di bumi ini.

Salah satu tugas FIFA yaitu menentukan lokasi tempat penyelenggaraan Piala Dunia. Piala Dunia sendiri sudah diadakan sejak 1930. Piala Dunia diusahakan diadakan di berbagai belahan dunia. Sehingga, kemajuan sepakbola tidak terpusat pada satu negara saja. Ajang Piala Dunia yang akan datang telah diumumkan berlangsung di Brasil, pada 2014. Jutaan pasang mata akan tertuju ke negara tersebut ketika ajang ini dimulai. 

FIFA mulai didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis. Tak heran jika pengucapan FIFA mengikuti ejaan kata bahasa Prancis. Asosiasi sepakbola regional yang diakui sebagai para pendiri organisasi ini antara lain dari Denmark, Belgia, Belanda, Prancis, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Disusul oleh asosiasi sepakbola Jerman. 

Organisasi ini memiliki 208 anggota asosiasi resmi yang telah bergabung. Diperkirakan, jumlah ini akan makin banyak. Indonesia sudah menjadi salah satu anggota resmi FIFA sejak 1 November 1952. Ketika itu, sedang berlangsung Kongres FIFA di kota Helsinki, Finlandia. Setelah menjadi anggota FIFA, Indonesia pun bergabung dengan AFC (Asian Football Confederation) di tahun yang sama.
Menurut beberapa ahli sejarah, sepakbola modern yang kita kenal sekarang ini berasal dari Inggris. Waktu itu, 1848, peraturan sepakbola sudah mulai dibuat di Universitas Cambridge, Inggris.
Bahkan, pada 1863, asosiasi sepakbola Inggris didirikan. Padahal, jika mau menelusuri sejarah, didapatkan data bahwa bangsa Cinalah yang mula-mula memainkan olahraga mirip sepakbola yang dinamakan Tsu Chu.
Tsu Chu dimainkan untuk melatih fisik para tentara Cina agar tetap bugar. Diperkirakan, olahraga Tsu Chu sudah ada sejak 5000 SM. Biasanya, Tsu Chu diadakan ketika Kaisar Cina berulang tahun.

Organisasi Sepakbola di Bawah FIFA
Ada beberapa asosiasi resmi sepakbola di seluruh dunia yang termasuk ke dalam keanggotaan FIFA. Asosiasi sepakbola tersebut dibagi menjadi enam organisasi besar sesuai dengan wilayah tempat negara tersebut. Semua organisasi itu menjadi representasi dari lima benua dunia, yaitu Amerika, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia. 
Asosiasi sepakbola tersebut antara lain:
  • UEFA (Union of European Football Association) adalah asosiasi yang menaungi organisasi sepakbola di negara-negara Eropa.
  • CONMEBOL (Confederation of South American Football) yaitu asosiasi sepakbola bagi negara-negara di wilayah Amerika Selatan, seperti Argentina, Brasil, dan sebagainya. 
  • CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association) adalah organisasi resmi bagi asosiasi sepakbola di Amerika Utara dan Amerika bagian Tengah.
  • AFC (Asian Football Confederation) adalah asosiasi sepakbola di Asia dan Australia.
  • CAF (Confederation of African Football) adalah asosiasi sepakbola bagi negara-negara di Afrika.
  • OFC (Oceania Football Confederation), seperti namanya, asosiasi ini mengayomi wilayah Oseania seperti negara-negara yang terletak di Kepulauan Pasifik. 
Dunia berkembang pesat, begitu pula sepakbola. Sejarah mencatat atlet-atlet berbakat lahir dari beragam latar belakang suku, budaya, agama, juga negara.
Sepakbola memang bisa menyatukan ras manusia, tetapi kadang sejarah olahraga paling populer di dunia ini juga mencatat hal yang kelam. 



Bookmark and Share

Anda sedang membaca artikel Sejarah Organisasi Sepak Bola Dunia. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/12/sejarah-organisasi-sepak-bola-dunia.html

0 comments:

Poskan Komentar