EnsikloPenjas

Senin, 23 Juli 2012

Metodik Pembelajaran Sepak Bola

Sepak bola termasuk kedalam klasifikasi permainan invesor (penyerangan) yang tentunya dari penekanan tujuan pembelajarannya berbeda dengan penekanan tujuan pembelajarannya berbeda dengan penekanan tujuan pada pembelajaran skill. Akan tetapi keduanya memiliki persamaan dengan prinsip DAP dan body scalling, termasuk didalam ukuran dan kemampuan fisik.
Pada kenyataannya kita sadari bahwa rendahnya kualitas permainan disebabkan oleh rendahnya kualitas permainan disebabkab oleh rendahnya kemampuan skill, sehingga ada beberapa alternatif pada guru sebagai berikut:
  1. Meneruskan permainan untuk beberapa lama, sehingga siswa dapat memahami gagasan/makna dari permainan yang dilakukannya.
  2. Guru kemudian pada tahapan yang lebih rendah dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memadukan keterampilan tanpa adanya tekanan untuk menguasai strategi.
  3. Guru mengubah jenis keterampilan pada level yang lebih simpel, lebih dikuasai siswa sehingga siswa dapat berkonsentrasi terhadap strategi bermain.
Keterampilan bermain lebih kompleks dari pada keterampilan tertutup atau keterampilan terbuka. Pada keterampilan bermain, kita dituntut mampu menggunakan keterampilan, mengkombinasikan skill dengan orang lain dalam menerapkan strategi permainan pada kondisi yang berbeda-beda.
Untuk dalam memodifikasi pembelajaran permainan dan olahrga, maka guruu harus paham terhadap tahapan belajar permainan. Pada awalnya tehapan belajar permainan melibatkan pembelajaran yang lenekanannya pada penguasaan skill. Selanjutnya aktivitas pembelajarann diarahkan pada kompleksitas dan tingkat kesulitan permainan.
Beberapa pertimbangan tahapan bermaian, antara lain:
  1. Tidak melompati tahapan artinya secara fisik siswa mampu dengan melewatinya dengan tahapan berikutnya tetapi tahapan demi tahapan harus tetap diberikan dengan tujuan siswa memahami konsep bermain. Walaupun secara fisik dan kemampuan siswa mampu melakukan pada tahapan berikutnya, namun hendaknya siswa melalui tahapan demi tahapan. Hal ini dimaksudkan supaya siswa memahami konsep bermain ditahap berikutnya
  2. Tahap yang terlupakan artinya sistematikan  bermain terlewati karena guru tidak memahami kebutuhan permainan. Tahapan ini sering terlupakan adalah tahao dua dan tiga. Indikasinya oermainan tidak berjalan lancar dan skill nampak terkotak-kotak tidak saling berhubungan. Hal tersebut tidak akan terjadi jika guru memahami kebutuhan bermain secara bertahap sesuai dengan kemampuan siswa.
  3. Menentuakan skill permainan artinya guru meningkatkan/memberikan tahapan dalam aktivitas belajar dalam meningkatkan skill dan strategi bermain dalam kondisi yang sederhana sampai pada tingkat sebenarnya. Guru menetapkan bagaimana skill digunakan dari strategi apa yang ditetapkan dalam permainan itu. Guru memberikan tahapan aktivitas belajar untuk meningkatkan skill dan strategi bermain melalui manipulasi kompleksitas permainan dari kondisi sederhana sampai pada kondisi permainan yang sebenarnya.
Rink (1993) mengembangkan tahapan belajar keterampilan bermain kedalam empat tahap, yaitu:
1.    Memelihara dan meningkatkan skill secara terpisah
2.    Mengkombinasikan dua atau lebih skill secara terkoordinasi
3.    Belajar dasar-dasar strategi ofensif dan defensif
4.    Melakukan permainan dan olahraga dengan menggunakan strategi dan aturan yang kompleks, termasuk melakukan peran individu secara khusus dalam sebuah team.
Tahapan belajar sepak bola
  • Memelihara meningkatakan skill secara terpisah
Tujuan: menekankan pada penguasaan skill yaitu mengontrol bola atau tubuhnya
Aktivitas belajar permainan pada tahap satu meliputi keanekaragaman  dribbling, heading, tackling, throwin dan goalkeeping
  • Mengkombinasikan skill dua atau lebih skill secara terkoordinasi
Tujuan: menekankan pada penguasaan kombinasi skill yaitu ditekankan pada gerak transisi sesuai dengan kebutuhan permainan

Related Post : Metodik Pembelajaran Sepak Bola Cabang-Cabang Olahraga Dunia Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Teknik dan Strategi Dalam Permainan Sepak Bola Karakteristik dan Struktur Gerak Dalam Permainan Sepakbola Sejarah Sepakbola dan Perkembagang Sepakbola Makalah Sepakbola Sejarah PSSI Sejarah Sepakbola

Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Metodik Pembelajaran Sepak Bola. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/07/metodik-pembelajaran-sepak-bola.html

0 comments:

Posting Komentar