EnsikloPenjas

Minggu, 13 Mei 2012

Sejarah dan Perkembangan Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola
Permainan sepak boala tergolong kegiatan olahraga yang sebetulnya sudah tua usianya, walaupun masih dalam bentuk sederhana, akan tetapi sepak bola sudah dimainkan ribuan tahunyann lalu. Sampai saat ini belum ada kesatuan pendapat dari mana dan siapa pencipta permainan sepak bola itu. Jika kita membaca literatur tentang sejarah sepak bola, maka akan mendapat kesan bahwa asal usul sepak bola itu diwarnai oleh interpretasi penulis sejarah atau pengarang literatur tersebut. Pengakuan asal mula permainan sepak bola terdapat diberbagai negara diantaranya :

1.    China
Di china, pada zaman pemerintahan kaisar Cheng-Ti (32 s.b. masehi) permainan yang menyerupai sepak bola sudah dikenal. Di dalam buku Kong-Fu Conficus, peninggalan tentara China, tertera gambar-gambar tentang orang bermain sepak bola. Jenis permianan tersebut pada waktu itu disebut Tsu-Chu (Tsu = kaki dan Chu = boal yang terbuat dari kulit dan dalamnya berisi rumput). Permianan Tsu-Chu ini bisa dimainkan dihalaman istana raja.

2.    Jepang
Pada abad XIV di Jepang permianan yang menyerupai sepak bola dikenal dengan sebutan Kemari. Permianan Kemari biasa dimainkan oleh kaum ningrat jepang, terutama di kota Nara. Para pemain Kemari menggunakan Sutra dan permainan Kemari ini bisa dimainkan pada setiap bulan Januari.

3.    Mesir
Pada zaman Mesir kuno permainan yang menyerupai sepak bola sudah dimainakan. Terbukti pada peninggalan-peninggalan Mesir kuno dalam bentuk relief, hal ini tergambar orang-orang yang sedang bermain sepak bola.

4.    Yunani
Pada zaman Yunani kuno, pemuda-pemudi gemar bermain sepak bola. Pada zaman itu pemuda tersebut disebut Episkyros.

5.    Italia
Pada abad pertengahan sudah dimainkan suatu permainan yang menyerupai sepak bola dengan sebutan Haspartum. Kemudian permainan tersebut berkembang dengan sebutang Gioco del Calcio. Samapai sekarang permainan tersebut masih dimainkan oleh rakyat Fiorentina.

6.      Prancis
Pada tahun 1930 di Prancis, dimainkan sejenis permainan yang menyerupai permainan sepak bola dengan sebutan Choule. Permainan ini dimainkan setiap minggu sore setelah kebaktian.
7.    Inggris
Ada yang berpendapat bahwa di Inggris, sepak bola yang mereka mainkan berasal dari Yunani (Episkyros) dan dari Romawi (Hapartum). Yang jelas permainan serupa sepak bola di Inggris itu sudah dimainkan sejak 2000 tahun yang lalu, hal ini terbukti pada abad XI tengkorak-tengkorak dan penjajah bangsa Viking ditendang-tendang secara ramai menyerupai permainan sepak bola. Oleh karana tengkorak manusia terlalu keras, maka dignati dengan usus lembu yang digembungkan.
Perkembangan Sepak Bola
1.    Perkembangan Sepak Bola di Dunia
Inggris adalah salah satu negara yang paling tepat menjadi kiblat persepakbolaan modern. Banyak yang berpendapat bahwa perkembangan sepak bola di Inggris menjadi sorotan mata dunia. Dann tahun ke tahun perkembangan sepak bola di Inggris mengalami perubahan dan keragaman. Pada tahun 1250 sepak bola dimainkan dijalan raya dengan sebutan Street Games. Karena street games ini membahayakan, maka pada tahun 1389 Raja Edward II melarang permianan sepak bola.
Pada tahun 1590 permainan sepak bola dimainkan kembali. Dikarenakan pada waktu itu belum ada peraturan permainan, mak permianan sepak bola menjurus kasar, sehingga dijuluki Rough-Play yg artinya permainan kasar. Pada tahun 1815 permainan Rough-Play tersebut dipindahkan tempatkan dan dimainkan dilapangan rumput dan tidak ada lagi di jalan-jalan raya.

Pada abad IX bola dimainkan sebagai alat untuk menyehatkan rakyat Inggris, sehingga pada tahun 1846 dibuatlah peraturan permainan oleh Cambridge Univercity yang terdiri dari 11 pasal dan selanjutnya dikenal dengan sebutan Cambridge Rules of Foor Ball. Sejak dibuatnya peraturan, permaianan sepak bola berkembang pesat, baik di Inggris maupun di luar Inggris.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan badan resmi sepak bola dengan nama The Foot Ball Association (FA) di kota Canbridge Inggris. Sampai sekarang setiap tanggal 26 Oktober dikenang sebagai hari lahirnya FA dan biasanya dilaksanakan pertandingan besar antara kesebelasan Inggris dengan kesebelasan Sisa Dunia (World-Cup).

Pada tanggal 8 Desember 1863, Fa menyusun peraturan sepak bola untuk sisebar keseluruh dunia dan pada tahun 1882 dibentuk badan untuk mengembangkan peraturan permainan sepak bola yaitu The International Football Association Bord (IB). Di Inggris raya dibentuk perkumpulan sepak bola yaitu Skotlandia (1973), Wales (1876) dan Irlandia (1880). Ketiga negara tersebut termasuk anggota IB.

Atas inisiatif Guirin dari Prancis, pada tanggal 21 Mei 1905 debnetuk Federation International The Football Association (FIFA). Tujuh negara sponsor dansekaligus anggota pertamanya adalah Prancis, Belgia, Blenda, Denmark, Spanyol, Swedia dan Swiss. Ketua pertama adalah Guirin dari Prancis. Pada tahun 1913 FIFA diterima sebagai anggota IB. Ketua beserta staf FIFA dipilih dalam masa jabatan 4 tahun.

Pada tahun 1929 Yulies Rimet merencanakan kejuaraan dunia sepak bola yang diikuti oleh anggota FIFA yang disebut Coup de Monde. Untuk menghargai jasa Yulies Rimet dan memberikan penghargaan karena pemegang ketua FIFA terlama, maka pada tahun 1946 Coup de Monde diganti dengan nama Yulies Rimet Cup. Brasil adalah negara yang telah menjuarai tiga kali berturut-turut piala Yulies Rimet Cup. Karena itu piala tersebut menjadi hak milik Brazil untuk selama-lamanya dan diganti namanya menjadi World-Cup.

Perkembangan Sepak Bola di Indonesia
Permainan sepak bola modern berkembang di Indonesia di bawa oleh bangsa Belanda pada waktu menjajah Indonesia pada tahun 1920. Perkembangan pada awalnya terbatas pada orang-orang Belanda saja, terutama dikota-kota besar. Lambat laun berkembang dan dimainkan oleh bangsa pribumi hingga kota-kota kecil.
Organisasi sepak bola yang pertama berdiri di Indonesia adalah Nederlands Indisce Voetbal Bond (NIVB) yang didirikan oleh orang-orang Belanda. Perkumpulan-perkumpulan yang didirikan oleh orang-orang Indonesiea sekitar tahun 1920 sampai tahun 1930, dimana pada saat itu sedang timbul semangat perjuan tigan melawan penjajah. Nama-nama perkumpulan pada saat itu menggunakan bahasa Belanda, hal itu supaya tidak dilarang oleh penjajah Belanda. Nama-nama perkumpulan tersebut dianataranya :

1.    Vorstendlandsche Voetbal Bond (VVB) di Solo pada tahun 1923
2.    Indinesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) di Magelang pada tahun 1925
3.    Surabaya Indonesische Voetbal Bond (SIVB) di Surabaya pada tahun 1935
4.    Voetbal Bond Indinesische Jakarta (VIBJ) di Jakarta pada tahun 1928
5.    Madiunche Voetbal Bond (MVB) di Madiun pada tahun 1930
6.    Bandungche Inedonesiche Voet Bond (BIVB) di Bandung pada tahun 1900-an

Sejalan dengan perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan, dibentuklah wadah-wadah pemuda melali sepak bola untuk menggalang semangat kesatuan dan persatuan. Pada tanggal 19 April 1930 berkumpulah utusan-utusan dati masing-masing Bond untuk mendirikan organisasi sepak bola seluruh Indonesia, maka berdirilah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan yang menjadi ketua pertamanya adalah Ir. Suratin pada tahun 1931. 

Pada tahun 1941 untuk pertama kalinya diadakan kompetisi sepak bola dan dijadikan acara rutin setiap tahun sekali. Pada tahun 1942-1950 tidak ada kompetisi, karean pada waktu itu masih masa penjajahan dan perang merebut kemerdekaan. Kometisit dilaksanakan lagi pada tahun 1951 dan itu pun tidak teratur. Pada tahun 1966 hingga sekarang diadaka kejuaraan tingkat remaja-taruna (yunior) untuk memperebutkan piala Suratin. Hal ini untuk menghargai jasa-jasa Suratin terhadap persepak bolaan di tanah air


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Sejarah dan Perkembangan Sepak Bola. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/05/sejarah-dan-perkembangan-sepak-bola.html

0 comments:

Poskan Komentar