EnsikloPenjas

Selasa, 26 Juni 2012

Tindakan Penelitian Kelas Bola Basket - BAB IV

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.           Kesimpulan
Dari hasil pembahasan penelitian yang telah dilakukan mengenai pengguanaan pendekatan perubahan dalam meningkatkan penguasaan keterampilan shooting permainan bola basket pada siswa kelas V SDN Ujungjaya I Kabupaten Sumedang peneliti menarik kesimpulan seabagi berikut:
1.      Bentuk perencenaan dengan menerapkan pendekatan shooting bola tembak adalah dimulai dengan merencenakan jumlah pertemuan dalam hal ini 6 kali pertemuan. Para siswa dibagi kedalam 4 kelompok secara acak, para siswa dalam tiap kelomponya mendapatkan beban yang sama, keterampilan yang direncanakan pada materi ini lebih fokus kepada sikap awal, pelaksanaan, gerakan lanjutan serta sikap akhir.
2.      Bentuk pelaksanaan pembelajaran shooting bola basket melalui bola tembak dimulai dengan kinerja gury yang maksimal dalam memotivasi aktivitas siswa melalui apresiasi yang relevan dengan shooting bola basket informasi yang jelas tentang petunjuk pelaksanaan pendekatan shooting bola basket, koreksi-koreksi yang tepat baik secara khusus maupun umum serta pengolaan yang sesuai denga karakter siswa dan karakter materi atau bahan ajar yaitu taknik dasar shooting bola basket yang dalam pembelajaran ini terdiri atas sikap awal, pelaksanaan, gerakan lanjutan serta sikap akhir.
3.      Dengan menerapkan pendekatan shooting bola basket melalui bola tembak pada pembelajaran shooting bola basket penguasaan keterampilan teknik dasar shooting bola basket menunjukan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan penguasaan keterampilan siswa ini terlihat dari presentasi kelulusan dari mulai siklus I 59,09% kemudian siklusi II mencapai 59,09% dan pada siklus III terjadi kenaikan yang sangat signifikan yaitu mencapai 100%
B.     Saran
Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh penulis selama penelitian diajukan sara-saran sabagai berikut:
1.      Bagi guru Digarapkan pada guru pendidikan jasmani mencoba berbagai macam model pembelajaran diantaranya dalam pembelajaran shooting bola basket menggunakan bola tembak sebagai tambahan wawasan tentang penerapan teknik atau cara yang sesuai dengan tuntutan tujuan pembelajaran
2.      Bagi siswa Diharapkan dengan penerapan teknik pendekatan perubahan shooting bola basket melalui bola tembak mampu bekerja sama dengan teman mempunyai semangat belajar yang tinggi dan berdisplin dan bertanggungjawab agar dalam proses belajar mengajar menjadi lebih mudah menguasai apa yang sedang dihadapi
3.      Bagi lembaga Mudah-mudahan pembelajaran ini dapat menjadikan masukan sebagai pengembangan teknik pembelajaran  shooting bola basket yang lebih efektif, efisien dan menarik. untuk Karya Tulis yang lebih lengkap download disini!!



DAFTAR PUSTAKA
Agus Mahendra, (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta Depdiknas.
Aip Sayarifudin, Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud.
Danu Hudaya.(2001). Pendekatan Keterampilam Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta : Depdiknas Dirjen Didasmen bekerja sama denga Dirjen Olahraga.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar. Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : BP. Dharma Bhakti.
Ema Husman, R. Kumalaningrum, Ricardo W. Sanger. (1985). Peraturan Permainan Bola Basket. Bandung : CV. Rosada.
Gintar Meliala, Siwi Wahano, (1992). Bermain Sebagai Wahana Mengajarkan Pendidikan Jasmani. Jakarta, Departemen Pendidikan san Kebudayaan.
Machfud Irsyada. (2000). Bola Basket. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendas dan Menengah.
Moleong. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2000). Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
PB. Perbasi. (1999). Peraturan Permainan Bola Basket. Jakarta : Direktorat Keolahragaan Dirjen PLS Pemuda dan Olahraga.
Rusli Lutan. (2000). Azas-Azas Pendidikan Jasmani Pendekartan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Rochyati Wiriatmadja, (2008) Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remasa Rosdakarya.
Subintaka. (2004). Teori Bermain Untuk DII PGSD Penjaskes. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Bagian Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suharsini. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yogyakarta : Dirjen Dikti.
Syarifudin. (1992). Azas Falsafah Penjaskes. Jakarta : Depdikbud UT.
UPI (2007). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.
Zainal Aqib (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya.
Wiraatmadja. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru, Dosen. Bandung : Rosda Karya.





Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Tindakan Penelitian Kelas Bola Basket - BAB IV. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/06/tindakan-penelitian-kelas-tpk-bola_9205.html

0 comments:

Posting Komentar