EnsikloPenjas

Senin, 30 April 2012

Makalah Sejarah Senam

BAB II

PEMBAHASAN

Sejarah Perkembangan Senam

1. Senam Pada Jaman Kuno (l.k. 2000 s/d 1000 tahun S.M)
a. Jaman Primitif
Pekerjaan orang primitive untuk menyambung hidupnya dengan jalan berburu, menangkap ikan dan berperang. Oleh karena alat-alat yang dipakai sederhana sekali, maka yang dikembangkannya adalah kekuatan fisiknya. Bagi masyarakat primitive mempertahankan hidup dengan jalan perang mempunyai peranan yang paling penting, sebab kelanggengan suatu bangsa atau suku tergantung dari hasil peperangan. Biasanya peperangan diakhiri dengan tari-tarian berupa bentuk gerak yang penting dalam kehidupan mereka. Suatu tari merupakan bagian dari pemujaan mereka terhadap nenek moyangnya.
Pendidikan pada jaman itu ditujukan kepada anak dari anggota sukunya dan ditekankan kepada menguatkan badan. Mereka ikut berburu dan berperang untuk diterima sebagai anggota suku, pada upacara pembaptisan sebagai orang dewasa, anak-anak yang menjelang akil balig diuju ketangkasannya dan ketahanannya menahan rasa sakit.
b. Cina
Sejak tahun 2700 SM. Di dataran Cina ada suatu kegiatan yang menyerupai senam, terutama dalam bentuk penyembuhan atau pengobatan. Latihan berupa macam-macam gerakan pasif dan aktif, latihan pemanasan dan massage. Beberapa abad lamanya Cina mempunyai kebudayaan yang boleh dikatakan tidak berubah-ubah.
Ajaran Cina jaman kuno ini adalah filsafat moral yang menekankan pentingnya keluhuran budi. Untuk memperoleh hikmahnya kehidupan, orang harus menempuh jalan kesucian dan kesetiaan. Ajaran tersebut antara lain ajaran Kong Hu Cu yang kemudian diteruskan oleh pengikut-pengikutnya.
Adat kebiasaan di dataran Cina banyak diketahui dari kumpulan tulisan-tulisan Kong Hu Cu dan murid-muridnya. Kecuali latihan pernapasan dan melulut, ada suatu tarian atau dansa yang tujuannya adalah menyembuhkan. Dansa adalah kegiatan yang merupakanh bagian yang penting dalam pendidikan Cina Kuno. Dengan berdansa orang-orang Cina berharap dapat melawan penyakit kurang darah, tungkai yang membengkak dan penyakit busung air. Hal inni telah dikenal sejak dahulu kala. Senam medis dari Cina merupakan tradisi yang sudah berabad-abad usianya dan bertahan sampai sekarang. Disamping melalui lukisan-lukisan dan patung-patung kayu dapat diketahui permainan anak-anak Cina (kebanyakan dilakukan di Biara-biara) yang berupa latihan kesetimbangan pada tambang dan latihan berbagai macam senam lantai.
c. India
Unsur-unsur senam yang ada di India kuno adalah teknik bernapas dan pengetahuan tentang penyembuhan penyakit. Kegiatan ini mempunyai arti keagamaan, antara lain cita-cita hidup dari orang berkasta pendeta/padri yang ingin lepas dari derita di alam fana, pemujaan kepada dewa brahmana. Dalam pelajaran menurut agama Budha, ditujukan caranya menuju kehidupan yang lebih baik yaitu dengan jalan penguasaan jasmani, pengaturan pernapasan dan meditasi.
Bernapas selalu dihubungkan dengan kekuatan alam. Setiap kali berlatih, kita bernapas, dan bernapas berarti kita menghirup udara. Udara yang kita hirup bermuatan prana, dan prana inilah yang merupakan suatu sumber kekuatan yang memelihara alam semesta. Senam Yoga misalnya, lebih dari pada usaha sekedar untuk tujuan medis. Dalam tujuannya yang hakiki senam Yoga melepaskan diri dari hidup keduniawian. Pelajaran ini berkembang ke Negara lain, diantaranya Jepang, Cina dan juga Indonesia (dengan perubahan-perubahan).
Dalam buku Weda, pelajaran terdiri dari latihan yang kita kenal dengan latihan tubuh, misalnya :
- Latihan ketangkasan (headstand, berdiri diatas tengkuk atau sikap lilin dan sebagainya.
- Latihan memanjat tambang/tiang dengan kepala diatas/dibawah
- Latihan merangkak/merayap
Lama kelamaan seperti yang kita lihat, Yoga memegang peranan dalam senam yang beraliran estetis.
d. Mesir
Peninggalan yang terkenal dari Mesir Kuno adalah Piramida, dapat kita baca bagaimana kehidupan sehari-hari telah terjadi, bagaimana orang hidup dan bekerja. Juga mengenai olahraga dapat kita ketahui pada gambar-gambar yang telah ditinggalkan bahwa orang Mesir sudah mengenal latihan bebas (senam) yang bilamana dilihat dari gaya dan cara melakukannya menyerupai gymnastic Jerman Kuno. Latihan-latihan yang lain mirip juga dengan latihan Yoga. Disamping itu terdapat juga macam-macam bentuk senam lantai.
e. Yunani Kuno
Sepanjang Sejarah Negara Yunani, senam yang disebut dengan kata Gymnastic memegang peranan yang penting dalam arti kata seluas-luasnya. Gymnastic pada jaman Yunani Kuno dapat kita lihat pada lukisan di jambangan, yaitu di Kreta sekitar 2000 tahun SM. Suatu jenis olahraga bagaimana orang yang beradu melawan sapi memegang tanduknya melajam pada sapi yang menyerbu, kemudian melakukan baling-baling (cartwheel) di atas punggungnya dan mendarat kembali di belakang binatang itu.

2. Senam Pada Jaman Yunani Dan Romawi (1000-476 S.M.)
a. Yunani (1000 S.M.-146 S.M.)
þ Sparta
Sparta di bangun 1000 tahun sebelum Masehi. Permainan Olympiss untuk menghormati dewa-dewa mempunyai tujuan spiritual. Pada masa itu hanya orang yang berkuasa/orang yang terkemuka, orang-orang yang mempunyai hak lebih yang mendapatkan pendidikan.
Pada tahun 550 sebelum Masehi terjadilah pembalikan. Budak-budak yang merasa tertindas memberontak. Untuk mencegah kekacauan, kaum militer memegang kekuasaan. Kalau dulu olahraga mempunyai tujuan spiritual, sekarang olahraga dipakai untuk menyusun kekuatan (militer). Laki-lakinya yang kuat, perempuannya tidak terlalu perasa dan dapat melahirkan anak yang sehat. Kekuatan tidak lain adalah latihan-latihan militer. Rakyat harus kuat dan latihannya terdiri dari :
1. Baris-berbaris
2. Lari cepat, dan
3. Gulat
þ Athena
Athena tumbuh dengan pesat dan setiap orang dapat menduduki jabatan di pemerintahan dan dapat bergaul dengan kaum bangsawan (kebalikan dari Sparta).
Sparta pendidikan terbatas pada segi intelek dan segi militer, kalau Athena semua aspek. Sparta menekankannya pada kekuatan fisik saja, sedangkan tujuan gymnastic di Athena adalah manusia yang selaras (harmonis) antara jiwa dan raga (Socrates). Di Athena rakyat hidup di alam yang lebih demokratis. Gymnastik merupakan bagian dari pendidikan yang menyeluruh. Latihannya antara lain panthatlon yang terdiri dari :
1.      Lari
2.      Lompat
3.      Lempar lembing
4.      Lempar cakram
5.      Gulat
Jatuhnya Yunani,Yunani yang terpusat pada pemerintahan kota Athena terbuka pintunya terhadap dunia bebas.
Pada Abad ke 3 S.M. teknik dan pengetahuan berkembang dengan pesat sekali. Akan tetapi setiap orang mencari peruntungannya sendiri-sendiri, mencari kekayaan untuk diri sendiri. Kebudayaan Yunani tidak berakar kuat, segala pesta upacara keagamaan dan permainan yang begitu megah mulai hilang. Segala macam kegiatan olahraga lebih banyak diajukan untuk pengobatan. Arti spiritual hilang. Dengan hilangnya cita-cita dan semangat, Yunani menjadi lemah dan akhirnya orang Hellena dikuasai Roma. Tahun 146 S.M. Yunani menjadi jajahan orang Romawi.
b. Romawi (146 S.M.- 476 M.)
Pendidikan yang dilakukan di Roma berbeda dengan Yunani. Kalau di Yunani pendidikan dipusatkan di sekolah, sebaliknya di Roma keluargalah tempat mendidik anak.
Keluarga dimana sang ayah berkuasa (Pater Familias) memerintah dengan keras dan memberikan segala ketangkasan kepada anak-anaknya. Gymnastic mendapat tempat yang penting yaitu untuk persiapan militer. Mereka mendapat pelajaran bertanding dengan tongkat dan "turnen" pada kuda yang terbuat dari kayu. Kalau gymnastic di Yunani merupakan bagian dari pendidikan, sebaliknya di Roma gymnastic hanyalah ditujukan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Orang Romawi hidup lebih praktis, sebagai anggota masyarakat harus dapat mempertahankan Negara.
Gymnastic terdiri dari :
þ Perkelahian tongkat
þ Turnen pada kuda tiruan terbuat dari kayu
þ Baris-berbaris
þ Lari lintas alam
þ Seni menunggang kuda
Gymnastic pada jaman Yunani dan Romawi disebut Senam Klasik. Masa itu disebut juga masa Hellenisme, yaitu masa kebudayaan orang-orang Hellena (Yunani). Dengan runtuhnya peradaban Yunani dan Romawi gymnastic menghilang, dan mulai saat itu mulai pertengahan (476-1500 M.) kegiatan senam dilarang dan dianggap tabu. Setelah tahun 1500 timbul perubahan, yaitu datangnya jaman kebangkitan (Renaissance). Senam dimulai lagi, tetapi Senam Klasik ditentang, karena terlalu keras dan kasar. Sebagai gantinya datanglah Senam Human (Humanische Gymnastiek).
3. Senam Pada Abad Pertengahan (Tahun 476 – 1500 M.)
a. Jatuhnya Romawi
Pemerintah yang kuat mendatangkan kemakmuran bagi Romawi. Kemakmuran yang berlebihan mengubah cara hidup. Orang Romawi ingin menikmati kekayaannya. Mereka mulai hidup santai. Pemudanya mulai menarik diri dari militer, angkatan perangnya lebih banyak serdadu sewaan. Olahraganya lebih dipusatkan kepada mandi uap. Pendidikan pater familias tidak popular lagi. Tugas mendidik diserahkan kepada budak (orang Yunani). Ternyata kemajuan dibidang materi dan spiritual dari Yunani diambil alih Romawi. Pendidikan Romawi tidak mempunyai dasar yang kuat dan tidak seirama dengan kemajuan material.
Pada abad ke empat salah satu suku bangsa German berhasil menyerbu ke Roma. Maka runtuhlah kerajaan Roma (476). Orang-orang German terkenal dengan sifat-sifat yang negative kasar, suka berkelahi, hukum adatnya ialah yang menang perang adalah yang berkuasa. Ini berlaku juga dalam pertandingan dan permainan yang kadang-kadang kasar dan kejam. Juga dikalangan bangsawan sama kasar dan kerasnya seperti kasar dan kerasnya Tournoy (berlaga dengan membawa tongkat di atas kuda).
Dengan sendirinya anak-anak muda German pendidikan tidak lebih dari ketangkasan. Tidak ada latar belakang keagamaan lagi dalam permainan, tidak ada perhatian terhadap perkembangan jiwa dan perasaan. Baru dengan datangnya agama Kristen terjadilah perubahan.
Tersebarnya agama Kristen menyebabkan cara berfikir berubah. Jatuhnya kesusilaan, kebencian terhadap ekses (penyimpangan) pada jaman itu sangat ditentang oleh penyebar-penyebar agama dan mereka ini berusaha mengadakan perbaikan.
b. Gymnastic adalah Tabu
Abad pertengahan ditandai dengan didirikannya gereja-gereja dan biara-biara. Para pendeta/biarawan dan ksatria/pahlawan merupakan unsure-unsur yang khas (karakteristik) dalam masyarakat abad pertengahan. Pada jaman itu system pemerintahan adalay system feudal. Raja membagi negaranya dalam bagian-bagian dan diberikan kepada ksatria-ksatria yang patut menerimanya. Ksatria harus taat kepada agama dan patuh kepada raja. Maka terjadilah kasta agama dan kasta bangsawan. untuk Makalah Sejarah Senam yang lebih lengkap download disini !


Artikel Lain Yang Sama KLIK Disini !!

Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Makalah Sejarah Senam. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_8278.html

0 comments:

Posting Komentar