EnsikloPenjas

Sabtu, 21 April 2012

Gerak Parabola Khusus Lompat Jauh

GERAK PARABOLA KHUSUS LOMPAT JAUH

Soal :
Seorang atlit lompat jauh bergerak dengan kecepatan titik berat badan saat bertumpu adalah 7,5 m/dt. Jarak vertikal dari titik berat badan ke tanah saat bertumpu adalah 1m. Sementara jarak dari titik berat badan saat bertumpu adalah 1,3m. Sudut proyeksi titik berat badan . Sudut tungkai saat bertumpu terhadap garis vertikal adalah  dan sudut sudut tungkai kaki saat mendarat adalah . Berapakah jarak yang lompatan yang dicapai atlit?

Jawaban dari Soal :
Diket : V   =  7,5 m/dt
h    =  1 m
c    =  1,3 m
=
=
=
g    = 10 m/dt
Ditanya :
Jawab :
=
=
=
= 19,67 m

HUKUM NEWTON

Hukum Newton terdiri dari tiga bagian yakni :
  1. Hukum I       :  Hukum Kelembaman  (Law of intertia)
“Suatu benda akan tetap dalam keadaan diam atau dalam keadaan gerak kecuali karena pengaruh gaya yang merubah keadaannya.”
  1. Hukum II     :  Hukum Percepatan (law of acceleration)
“Percepatan suatu benda karena suatu gaya berbanding lurus dengan gaya penyababnya”
  1. Hukum III    :  Hukum Reaksi (Law of reaction)
“Setiap aksi selalu ada rekasi yang sama dan berlawanan”

Analisis Hukum Newton dengan Aplikasi Dikaitkan dengan Kegiatan Olah Raga Bela Diri
  1. 1. Hukum I      :  Hukum Kelembaman  (Law of intertia)
Ketika olah raga beladiri baru dimulai maka kedua atlet yang melakukan pertandingan belum melakukan suatu gerakan apapun. Ketika wasit mulai menentukan atlet mana yang boleh bergerak untuk menyerang atlet lain. Atlet II akan diam karena belum mendapatkan penyerangan dari atlet I, barulah atlet II akan bergerak ketika ia mendapatkan sebuah gaya dari atlet I. Hal ini sesuai dengan pernyataan pada hukum Newton I yakni Hukum Kelembaman yang menyatakan suatu benda akan tetap dalam keadaan diam atau dalam keadaan gerak kecuali karena pengaruh gaya yang merubah keadaannya
  1. 2. Hukum II    :  Hukum Percepatan (law of acceleration)
Pada olah raga beladiri, seorang atlet dapat menyerang atlet lain diseeuailkan dengan sudut serangan yang dilakukan oleh atlet I. Atlet I menyerang dengan menggunakan siku dengan sudut tertentu sehingga dapat merobohkan lawan. Maka gaya yang diberikan oleh atlet I untuk menyerang atlet II berbanding lurus dengan percepatan ketika atlet II jatuh. Penje;asan di atas sesuai dengan pernyataan pada Hukum Newton II yakni Hukum Percepatan yang menyebutkan bahwa Percepatan suatu benda karena suatu gaya berbanding lurus dengan gaya penyababnya.
  1. 3. Hukum III   :  Hukum Reaksi (Law of reaction)
Dalam olah raga bela diri tentunya terdapat dua atlet yang berusaha untuk menjadi pemenang. Jika atlet I menyerang atlet II, maka atlet II dapat juga mnyerang kembali atlet I dengan tempat yang berlawanan. Misalnya saja atlet I menyerang pundak pemain dua maka atlet dua dapat melawan dengan menyerang kembali bagian dada atau bahkan menjatuhkannya. Pemain II menyerang kembali karena berusaha mempertahankan dirinya agar tidak terjatuh. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan hukum Newton III yakni Hukum Reaksi yang berbunyi setiap aksi selalu ada rekasi yang sama dan berlawanan

HUKUM NEWTON

Soal :
Atlet A menabrak atlet B pada sudut  dengan arah gerakannya dan menggunakan gaya sebesar 100 kg. Sedangkan atlet B bertumbukan menggunakan gaya sebesar 150 kg. Berapa jauh atlet A dapat menggeser atlet B, apabila atlet A menumbuk dengan B pada sudut  dengan arah gerakannya?
Jawaban :
Diket : A   =  100 kg
B   =  150 kg
=
=
Ditanya :   dan
Jawab :
  1. =  +- 2 AB cos                                    cos =
=  + - 2(100)(150) cos                         =
=  10000 + 22500 – 30000 (0,087)                                =  0,868
=  29885                                                                   =
=
=  172,9 kg
  1. =  +- 2 AB cos
=  +- 2(100)(150) cos
=  10000 + 22500 – 30000 (0,906)
=  5310
=
=  72,9 kg
cos =
=
=
=  0,594
download disini untuk Biomekanika Dalam Berbagai Cabang Olahraga yang Lebih lengkap ! 



Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Gerak Parabola Khusus Lompat Jauh. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_435.html

0 comments:

Posting Komentar