EnsikloPenjas

Minggu, 23 September 2012

Manfaat Olahraga Terhadap Organ Tubuh


Ilmu Faal Olahraga
Oleh :
dr. BM. Wara Kushartanti.
Dengan berolahraga akan terjadi perubahan-perubahan pada tubuh menurut jenis, lama dan kerasnya latihan yang dilakukan. Secara umum olahraga yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup dan dalam waktu yang cukup, akan menyebabkan perubahan-perubahan sbb :

1. Pada Jantung

Jantung olahragawan lebih besar dari pada bukan olahragawan. Pembesaran ini bisa terjadi karena bertambah tebalnya otot jantung dan bertambah luasnya ruang jantung. Dengan bertambahnya ketebalan otot jantung, maka bertambah kuatlah pompaan jantung untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh. Bertambahnya luas ruang jantung akan memperbesar daya tampung darah yang siap diedarkan. Dengan demikian sekali jantung berdenyut, dapat memompa darah lebih banyak dan lebih kuat sehingga sampai ketepi-tepi.

2. Pada Pembuluh Darah

Daya ulur ( Elastisitas )pembuluh darah akan bertahan atau justru meningkat akibat olahraga, sebab olahraga bisa mencegah terjadinya timbunan lemak di sekitar pembuluh darah. Elastisitas pembuluh darah yang tinggi akan membuat lancarnya jalan darah di dalam pembuluh darah. Di samping itu pembuluh darah kecil akan terbentuk di otot, sehingga penyaluran sari makanan dan oksigen ke otot akan lancar.

3. Pada Darah

Volume darah total dan jumlah Haemoglobin akan bertambah, sehingga penghantaran oksigen ( api untuk membakar energi ) lebih lancar, dan dengan sendirinya pembentukan energi juga lancar. Kandungan zat lelah ( asam laktat ) cepat menurun, sehingga cepat pulih dari kelelahan dan dapat melakukan latihan lebih sering serta lebih lama.

4. Pada Sistem Pernafasan

Frekuensi pernafasan turun dengan pernafasan yang lebih dalam. Pengambilan dan penggunaan oksigen lebih efisien. Otot-otot pernafasan bertambah kuat. Semua keadaan di atas akan membuat kita mampu berolahraga lebih lama tanpa terengah-engah. Kelelahanpun akan lebih lambat datangnya.

5. Pada Otot

Zat pembawa oksigen di otot akan bertambah dan dengan demikian pembentukan energi akan semakin banyak. Selain apinya bertambah (Oksigen), bahan bakarnyapun akan bertambah. Otot yang dilatih akan menjadi besar dan kuat.

6. Pada Tulang, Jaringan Ikat dan Sendi

Tergantung pada kerasnya latihan, aktivitas olahraga akan menambah besar dan kuatnya tulang serta mencegah pengeroposan tulang. Perlekatan akhiran otot ke tulang menjadi lebih erat, sehingga mampu menahan beban lebih berat dan tidak mudah mengalami cedera. Latihan teratur dapat menyebabkan bertambah tebalnya tulang rawan di persendian, sehingga mampu melindungi tulang dan sendi dari cedera. Ruang gerak sendi juga bertambah luas.

7. Pada Aklimatisasi Panas

Latihan olahraga membuat kita mudah menyesuaikan diri dengan panas walaupun latihannya tidak dilakukan di tempat panas.

"KEPUSTAKAAN"
- Adji Dharma dan P.Lukmanto, 1981 Fisiologi Kedokteran (terjemahan), Jakarta : CV.ECG.
- Brooks, George A. and Fahey Thomas D., 1984. Exercise Physiologi, USA : John Wiley and Sons Co.
- Clarke, David H., 1975. Exercise Physiologi, USA : Prentice Hall Inc.


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Manfaat Olahraga Terhadap Organ Tubuh. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/09/manfaat-olahraga-terhadap-organ-tubuh.html

0 comments:

Posting Komentar