EnsikloPenjas

Selasa, 21 Agustus 2012

Paralimpiade adalah Olahraga Cacat


Paralimpiade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paralimpiade adalah sebuah pertandingan olahraga dengan berbagai nomor untuk atlet yang mengalami cacat fisik, mental dan sensoral. Cacat ini termasuk dalam ketidakmampuan dalam mobilitas, cacat karena amputasigangguan penglihatan dan mereka yang menderita cerebral palsy. Paralimpiade diselenggarakan setiap empat tahun, setelah Olimpiade, dan diatur oleh Komite Paralimpiade Internasional (IPC). (Paralimpiade kadang-kadang dikacaukan dengan Olimpiade Khusus, yang dimaksudkan hanya untuk orang-orang yang mengalami cacat intelektual.)
Sejarah
Sir Ludwig Guttmann menyelenggarakan sebuah pertandingan olahraga pada 1948 yang kemudian dikenal sebagai Pertandingan Stoke Mandeville, yang melibatkan para veteran Perang Dunia II yang menderita cacat saraf tulang belakang; pada 1952 peserta dari Belanda ikut serta dalam pertandingan ini, memberikan warna internasional pada gerakan ini. Pertandingan pertama seperti Olimpiade untuk para atletnya diselenggarakan di Roma pada 1960; secara resmi disebut Pertandingan Internasional Tahunan Stoke Mandeville ke-9. Pertandingan ini dianggap sebagai Paralimpiade yang pertama. Paralimpiade Musim Dingin pertama diselenggarakan di Ã–rnsköldsvik, Swedia pada 1976.
Nama Paralimpiade diambil dari bahasa Yunani "para" ("di samping" atau "berdampingan") dan dengan demikian merujuk kepada suatu kompetisi yang diselenggarakan paralel dengan Olimpiade. Nama ini tidak ada hubungannya dengan paralisis atau paraplegia.
Sejak 1988, Paralimpiade Musim Panas telah diselenggarakan bersamaan dengan Olimpiade di kota tuan rumah yang sama. Praktik ini diambil pada 1992 untuk Paralimpiade Musim Dingin, dan menjadi kebijakan resmi dari Komite Olimpiade Internasional dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC) setelah kesepakatan 19 Juni 2001. Pertandingan Paralimpiade dilaksanakan tiga minggu setelah penutupan Olimpiade, di kota tuan rumah yang sama dan menggunakan fasilitas yang sama pula. Kota-kota yang mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade harus mengikutsertakan Paralimpiade dalam penawaran mereka, dan biasanya kedua pertandingan itu kini dikelola oleh komite pelaksana yang sama.
Pada Paralimpiade Atlanta 1996 para atlet yang menderita cacat intelektual untuk pertama kalinya diizinkan ikut serta. Namun setelah terjadinya kecurangan pada Paralimpiade Sydney 2000, yang diikuti oleh atlet-atlet yang tidak cacat di tim cacat intelektual bola basket Spanyol , atlet-atlet tersebut dilarang ikut serta oleh IPC . Setelah kampanye anti-korupsi, Federasi Internasional untuk Penderita Cacat Intelektual (INAS-FID) melobi agar para atlet ini diizinkan ikut serta kembali. Sejak 2004, para atlet yang menderita cacat intelektual mulai diintegrasikan kembali dalam nomor-nomor pertandingan Paralimpiade, meskipun mereka tetap dilarang ikut dalam Paralimpiade. IPC telah menyatakan bahwa organisasi itu akan mengevaluasi kembali partisipasi mereka setelah Paralimpiade Beijing 2008
Lokasi Paralimpiade Musim Panas
Tahun
Games
Tuan rumah
Negara
1960
I
Roma
Italia
1964
II
Tokyo
Jepang
1968
III
Tel Aviv
Israel
1972
IV
Heidelberg
Jerman Barat
1976
V
Toronto
Kanada
1980
VI
Arnhem
Belanda
1984
VII
Stoke Mandeville
New York
Britania Raya
Amerika Serikat
1988
VIII
Seoul
Korea Selatan
1992
IX
Barcelona
Spanyol
1996
X
Atlanta
Amerika Serikat
2000
XI
Sydney
Australia
2004
XII
Athena
Yunani
2008
XIII
Beijing
Republik Rakyat Cina
2012
XIV
London
Britania Raya

Nomor pertandingan musim panas
Cabang-cabang olahraga berikut ini saat ini dijadikan program Paralimpiade Musim Panas:
§  Anggar kursi roda
§  Angkat berat
§  Atletik (lintasan dan lapangan)
§  Balap sepeda
§  Berkuda
§  Boccia
§  Bola basket kursi roda
§  Bola gawang
§  Bola voli (duduk)
§  Dayung
§  Judo
§  Layar
§  Menembak
§  Panahan
§  Renang
§  Rugby kursi roda
§  Sepak bola dengan 5 pemain
§  Sepak bola dengan 7 pemain
§  Tenis kursi roda
§  Tenis meja
Cabang-cabang olahraga ini akan dipertandingkan dalam Paralimpiade Musim Panas 2008 di Beijing, China.
Lokasi Paralimpiade Musim Dingin
Tahun
Games
Tuan rumah
Negara
1976
I
Örnsköldsvik
Swedia
1980
II
Geilo
Norwegia
1984
III
Innsbruck
Austria
1988
IV
Innsbruck
Austria
1992
V
Albertville
Perancis
1994
VI
Lillehammer
Norwegia
1998
VII
Nagano
Jepang
2002
VIII
Salt Lake City
Amerika Serikat
2006
IX
Torino
 Italia
2010
X
Vancouver
Kanada

Nomor pertandingan musim dingin
Cabang-cabang olahraga berikut ini adalah bagian dari Paralimpiade Musim Dingin sekarang:
§  Ski alpen
§  Hoki sledge es
§  Ski nordik
§  Dwilomba
§  Ski lintas alam
§  Wheelchair curling

Kategori cacat
  • Amputasi: Atlet yang kehilangan sebagian atau seluruhnya dari salah satu anggota batannya.
  • Cerebral Palsy: Orang yang menderita kerusakan otak non-progresif, misalnya cerebral palsykerusakan otak traumatisstroke atau masalah serupa yang memengaruhi kontrol ototnya,keseimbangannya atau koordinasinya
  • Cacat intelektual: Atlet yang mengalami cacat yang signifikan dalam fungsi intelektualnya sehubungan dengan perilaku adaptifnya. Saat ini kategori ini dibekukan.
  • Kursi roda: Bagi semua atlet yang mengalami cacat saraf tulang belakang dan cacat lainnya yang mengharuskan mereka bertanding dengan menggunakan kursi roda. Para atlet ini sekurang-kurangnya harus kehilangan 10 persen dari fungsi kaki mereka.
  • Cacat penglihatan: Para atlet yang mengalami cacat penglihatan dari penglihatan yang sebagian (cukup untuk dinilai buta secara hukum) hingga buta total.
  • Les Autresbahasa Perancis untuk lain-lain dan mencakup para peserta yang mengalami cacat mobilitas atau kehilangan fungsi fisik lainnya yang tidak tergolong pada salah satu dari kelima kategori lainnya: hambatan pertumbuhansklerosis berganda atau cacat sejak lahir pada anggota badannya seperti yang disebabkan oleh thalidomide adalah contoh-contohnya.
Kategori-kategori ini berlaku baik untuk paralimpiade musim panas maupun musim dingin.
Catatan
IPC telah membentuk Paralimpiade Nasional untuk kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh komite-komite Paralimpiade nasional.


Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Paralimpiade adalah Olahraga Cacat. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/08/paralimpiade-adalah-olahraga-cacat.html

0 comments:

Posting Komentar