EnsikloPenjas

Senin, 21 Mei 2012

Makalah Tenis Meja (Pengertian. Teknik dasar dan Peraturan Tenis Meja)

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tenis meja
Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Tiongkok, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa Pinyin:pīngpāng qiú)Permainan tenis meja bermula pada tahun 1880-an di Inggris. Saat itu, masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam.
Pada Olimpiade Seoul 1988, tenis meja dipertandingkan untuk pertama kalinya diajang olahraga yang paling prestisius itu. Tenis meja menjadi sumber inspirasi bagi PONG, sebuah video game terkenal yang dirilis tahun 1972. Pada awal 1970-an, para pemain tenis meja Amerika Serikat diundang ikut sertdalam sebuah turnamen di Tiongkok. Peristiwa ini mencairkan ketegangan hubungan antara kedua negara. Istilah "Diplomasi Ping Pong" muncul ketika Presiden AS Richard Nixon tak lama kemudian berkunjung ke Tiongkok. Pada Kejuaraan Dunia 1936 di Praha, dua pemain yang saling menerapkan pola bertahan/defensif membutuhkan waktu lebih dari satu jam demi meraih satu poin. Uni Soviet melarang penduduknya bermain tenis meja pada 1930 hingga 1950 dengan alasan olahraga tersebut berbahaya bagi mata manusia.

B. Lapangan Tenis
Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service).
Lapangan dan beberapa seginya dipisahkan dengan gatis-garis putih yang merupakan bagian dari lapangan tempat bermain tenis. Sebuah bola yang dipukul di luar lapangan (meski tidak menyentuh garis) dikatakan telah keluar dan memberi lawan sebuah nilai

C. Teknik bermain
o  Forehand: sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan.
o  Backhand: sebuah pukulan di mana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan.
o  Groundstroke: sebuah pukulan panjang yang membutuhkan seluas lapangan.
o  Slice: sebuah pukulan pada permainan tenis^^
o  Smash : sebuah pukulan keras yang menghantam sebuah bola tanpa menyentuh tanah di atas kepala dan diarahkan ke lapangan sang lawan.

D. Sistem pertandingan Tenis Meja
Setiap kontingen diharapkan berpartisipasi di 2 nomor pertandingan yang terdiri dari:
o  Tunggal bebas
o  Ganda putra
Jika jumlah tim kurang atau sama dengan 5 maka: 
1.        Sistem pertandingan yang digunakan adalah kompetisi penuh. 
2.        Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. 
3.        Jika jumlah tim lebih dari 5 dan kurang atau sama dengan 8 maka: 
4.        Sistem pertandingan yang digunakan adalah setengah kompetisi. 
5.        Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. 
6.        Jika jumlah tim lebih dari 8 maka:
7.        Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem gugur.
8.        Sistem hitungan yang digunakan adalah best of five dengan angka kemenangan 11 rally point. 
9.        Apabila poin peserta seri (10-10) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.
10.    Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.
11.    Poin akan bertambah bagi lawan bila terjadi dobel (bet pingpong menyentuh meja).
12.    Saat servis, bila bola mengenai net kemudian masuk maka servis diulang.
13.    Saat servis, bila bola mengenai net kemudian tidak masuk, berarti tambahan poin untuk lawan . 
14.    Netting kedua berarti tambahan poin bagi lawan.  Pindah bola tiap dua poin. 
15.    Khusus untuk permainan ganda servis harus menyilang. Kalau servisnya masuk ke bagian yg salah (salah kamar), berarti tambahan poin untuk lawan.
16.    Setiap peserta diwajibkan untuk membawa bet pingpong sendiri-sendiri. Bola isediakan. 
17.    Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan international.

Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. Poin akan bertambah bagi lawan bila terjadi dobel (bet pingpong menyentuh meja). Saat servis, bila bola mengenai net kemudian masuk maka servis diulang. Saat servis, bila bola mengenai net kemudian tidak masuk, berarti tambahan poin untuk lawan. untuk Makalah Tenis Meja yang lebih lengkap download disini!!

Related Post : Pengertian Olahraga Tenis Meja (Ping-Pong)  Peraturan Permainan Tenis Meja dan Perlengkapan Permainan Tenis Meja  Perlengkapan Permainan Tenis Meja Sejarah Tenis Meja dan Perkembangan Tenis Meja Dunia Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Pengertian Tenis Meja Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Peraturan Tenis Meja Makalah Tenis Meja Makalah Tenis Meja Macam-Macam Servis Dalam Tenis Meja




Bookmark and Share

JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
1 X KLIK SANGAT BERARTI

Anda sedang membaca artikel Makalah Tenis Meja (Pengertian. Teknik dasar dan Peraturan Tenis Meja). Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/05/makalah-tenis-meja-pengertian-teknik.html

0 comments:

Poskan Komentar