BAB I
PENDAHULUAN
1.
Rasional.
Di era
modernisasi ini olahraga banyak diminati banyak orang.Karena olahraga adalah
salah satu cara menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Di dalam olahraga kita
membutuhkan beberapa aspek atau komponen di dalamnya. Power,agility, dan balance
adalah komponen penting di dalamnya. Power
sangat dibutuhkan dalam melakukan semua kegiatan olahraga karena dengan adanya power kita dapat melakukan suatu
kegiatan olahraga dengan sangat mudah. Di samping itu agility dan balance juga
diperlukan dalam kegiatan olahraga. Karena ketiga komponen itu sangat
berkesinambungan atau tidak dapat dipisahkan.
2.
Pengertian.
Power
dapat pula disebut sebagai daya ledak otot. Power (daya ledak) adalah kemapuan
seseorang untuk menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang
sependek-pendeknya. Daya ledak merupakan perpaduan antara kekuatan dan
kecepatan kontraksi otot. Kemampuan daya ledak seseorang dapat dilihat dari
kemampuannya melakukan gerakan dengan kuat secara eksplosif.
Agility atau
kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah atau posisi tubuh dengan cepat
yang dilakukan bersama-sama dengan gerakan lainnya. Seseorang yang memiliki
kemampuan mengubah arah dari satu posisi tertentu ke posisi yang berbeda dengan
kecepatan tinggi dan koordinasi yang baik, berarti memiliki kelincahan yang
cukup tinggi.
Balance atau keseimbangan adalah kemampuan seseorang
mengendalikan organ-organ saraf otot selama melakukan gerakan-gerakan cepat,
baik dalam keadaan statis maupun dinamis. Keseimbangan juga bisa diartikan
kemampuan mempertahankan sikap tubuh yang tepat pada saat melakukan gerakan.
3.
Tujuan.
·
Untuk mengetahui
tes dan pengukuran dari power
(kekuatan).
·
Untuk mengetahui
tes dan pengukuran dari Agility (kelincahan).
·
Untuk mengetahui
tes dan pengukuran dari Balance (keseimbangan).
4.
Sasaran Tes dan
Pengukuran.
sasarannya adalah organ (anggota tubuh) yang terlibat secara
langsung dalam pengukuran.
5.
Jenis – jenis
Tes dan Pengukuran.
·
Jenis tes
Power(kekuatan) :
1.
Standing Broad
Jump
2.
Vertical Jump
3.
Vertical Arm
Pull
4.
Vertical Power
Jump
·
Jenis Tes dari
agility ( kelincahan ).
1.
Burpee test(or
Squat thurst)
2.
Side Step
3.
Dodging Run
4.
Semo Agility
Test
·
Jenis Tes dari balance
( keseimbangan ).
1.
Tip-up balance.
2.
Static Balance
3.
Bass Stick Test
6.
Syarat test
·
Dalam
kondisi tubuh yang baik atau tidak sakit.
·
Mempunyai
ketahanan fisik yang baik sehingga mampu mengikuti jalannya tes sampai selesai.
·
Tingkat
usia: usia 6 tahun hingga kuliah.
·
Jenis
kelamin: baik untuk anak laki-laki dan perempuan.
7. Syarat test Squat thurst
·
Dalam
kondisi tubuh yang baik atau tidak sakit.
·
Mempunyai
ketahanan fisik yang baik sehingga mampu mengikuti jalannya tes sampai selesai.
·
Tingkat
usia: usia 10 tahun hingga kuliah.
·
Jenis
kelamin: baik untuk anak laki-laki dan perempuan.
8 Syarat test Tip-up Balance.
·
Dalam
kondisi tubuh yang baik atau tidak sakit.
·
Mempunyai
ketahanan fisik yang baik sehingga mampu mengikuti jalannya tes sampai selesai.
·
Tingkat
usia: usia 9 tahun hingga kuliah.
·
Jenis
kelamin: baik untuk anak laki-laki dan perempuan.
BAB II
METODE dan
TEKNIK
1. Populasi
dan Sampel
Test dilakukan pada
mahasiswa Universitas Negeri Malang jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan angkatan 2008 off AA yang mewakili populasi sebagai objek uji
coba.
Jenis-jenis Tes:
A. Test
agility: Squat Thurst
Tujuan
Test
-
Sebagai elemen untuk memprediksi potensi dalam berbagai
kegiatan olahraga.
-
Sebagai ukuran untuk menentukan prestasi dan nilai-nilai siswa.
-
Sebagai faktor dalam tes kemampuan motor umum dan tes kebugaran fisik.
-
Sebagai alat untuk mengevaluasi hasil yang diperoleh dari kegiatan dan metode
pengajaran.
Teknik pengukuran.
-
Penilaian
dilakukan 3 kali,masing-masing 1 menit.
-
Teste di beri
waktu istirahat 5 menit.
-
Banyaknya Squat
Thurst yg dilakukan.
-
Gerakan yang
benar.
-
Jika gerakan
tidak benar maka teste mengulang.
-
Kesempatan
mengulang diberikan sebanyak 2 kali.
o Penalti
1.
Kaki digerakkan
ke belakang sebelum tangan menyentuh lantai
2.
Ada dorongan
atau lecutan lebih ke arah belakang
3.
Tangan tidak
menempel lantai saat kaki di tarik kedepan
4.
Jika tidak
berdiri dengan tegak
-
Diisikan pada formulir (terlampir)
Pelaksanaan:
-
Menekuk lutut dan pinggang dan tangan berada disamping lutut.
-
Menyorongkan kaki ke belakang
untuk bersandar dan tangan lurus menyangga badan.
-
Kembali ke posisi jongkok, dan
-
Naik ke posisi berdiri.
Hasil tes
No
|
Nama
|
Waktu
|
|
X1.X2
|
X12 dan X22
|
1
|
Fanani
|
10"
|
16
|
272
|
256
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
2
|
Pembayun.P
|
10"
|
16
|
240
|
256
|
15
|
|
225
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
3
|
M. Ridwan
|
10"
|
18
|
306
|
324
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
102
|
|
|
||
4
|
Bayu Bimantara
|
10"
|
18
|
288
|
324
|
16
|
|
256
|
|||
1"
|
99
|
|
|
||
5
|
Fariz Aulia.D.R
|
10"
|
20
|
380
|
400
|
19
|
|
361
|
|||
1"
|
108
|
|
|
||
6
|
Dwi Meryanto
|
10"
|
18
|
306
|
324
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
108
|
|
|
||
8
|
Tri Sevita.H
|
10"
|
18
|
306
|
324
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
98
|
|
|
||
9
|
Bagus Tri.K
|
10"
|
24
|
528
|
576
|
22
|
|
484
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
10
|
Langgeng Bayu.L
|
10"
|
24
|
552
|
576
|
23
|
|
529
|
|||
1"
|
124
|
|
|
||
11
|
M. Zuem Firmansyah
|
10"
|
20
|
420
|
400
|
21
|
|
441
|
|||
1"
|
125
|
|
|
||
12
|
Anggun.K.S
|
10"
|
21
|
420
|
441
|
20
|
|
400
|
|||
1"
|
120
|
|
|
||
13
|
M. Zaenuddin
|
10"
|
20
|
380
|
400
|
19
|
|
361
|
|||
1"
|
112
|
|
|
||
14
|
Rifki Andrianto
|
10'
|
20
|
360
|
400
|
|
18
|
|
324
|
||
1"
|
108
|
|
|
||
15
|
Barnes alfan
|
10"
|
20
|
380
|
400
|
19
|
|
361
|
|||
1"
|
109
|
|
|
||
16
|
Indra Wahyu.P
|
10"
|
22
|
462
|
484
|
21
|
|
441
|
|||
1"
|
84
|
|
|
||
17
|
Ardian Prila
|
10"
|
18
|
288
|
324
|
16
|
|
256
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
18
|
Arif Faisol.H
|
10"
|
18
|
342
|
324
|
19
|
|
361
|
|||
1"
|
96
|
|
|
||
19
|
Ririn Widya wati
|
10"
|
16
|
272
|
256
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
90
|
|
|
||
20
|
Ilham Nur Alamsyah
|
10"
|
24
|
528
|
576
|
22
|
|
484
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
21
|
Andhika khriswan.B
|
10"
|
18
|
342
|
324
|
19
|
|
361
|
|||
1"
|
100
|
|
|
||
22
|
Zulfikar Amelia
|
10"
|
24
|
528
|
576
|
22
|
|
484
|
|||
1"
|
104
|
|
|
||
23
|
Oni Sigit.P
|
10"
|
22
|
462
|
484
|
21
|
|
441
|
|||
1"
|
132
|
|
|
||
24
|
Sigit Bayu.U
|
10"
|
20
|
420
|
400
|
21
|
|
441
|
|||
1"
|
108
|
|
|
||
25
|
Dimas Ardhi S
|
10"
|
20
|
420
|
400
|
21
|
|
441
|
|||
1"
|
135
|
|
|
||
26
|
Dian Andika
|
10"
|
18
|
306
|
324
|
17
|
|
289
|
|||
1"
|
120
|
|
|
||
|
Jumlah
|
X1
|
X2
|
X1.X2
|
X12
|
|
493
|
476
|
9508
|
9873
|
|
|
X22
|
(∑X1)2
|
(∑X2)2
|
reliabilitas
|
|
|
9186
|
243049
|
226576
|
0.969397476
|
B. Tes Balance : Tip-up Balance
Tujuan
Test
-
Untuk mengukur kemampuan untuk keseimbangan dalam posisi yang
ditentukan.
-
Sebagai ukuran untuk menentukan prestasi dan nilai-nilai siswa.
-
Sebagai faktor dalam tes kemampuan motor umum dan tes kebugaran fisik.
-
Sebagai alat untuk mengevaluasi hasil yang diperoleh dari kegiatan dan metode
pengajaran.
Teknik pengukuran.
-
Penilaian
dilakukan 3 kali.
-
Di ambil waktu
terlama
-
Teste di beri
waktu istirahat 5 menit.
-
Diisikan pada
formulir (terlampir)
Pelaksanaan:
-
Letakkan kedua
tangan di lantai selebar bahu.
-
Tempelkan siku
di bagian lutut bagian dalam.
-
Gunakan siku
untuk menyangga berat badan dan pindahkan titik berat badan kedepan.
-
Usahakan posisi
tetap seimbang.
Hasil Tes
No
|
Nama
|
Tip Up Balance
|
|||
|
|
Percobaan
|
Lama percobaan
|
Hasil Terbaik
|
Skala
|
1
|
Fanani
|
1
|
2,37 detik
|
2.37
|
Very Poor
|
|
|
2
|
2,31 detik
|
|
|
|
|
3
|
1,89 detik
|
|
|
2
|
Pembayun.P
|
1
|
5,45 detik
|
5.45
|
Very Poor
|
|
|
2
|
3,80 detik
|
|
|
|
|
3
|
3,50 detik
|
|
|
3
|
M. Ridwan
|
1
|
5,15 detik
|
6.19
|
Poor
|
|
|
2
|
6,19 detik
|
|
|
|
|
3
|
4,32 detik
|
|
|
4
|
Bayu Bimantara
|
1
|
6,49 detik
|
6.49
|
Poor
|
|
|
2
|
5,62 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,40 detik
|
|
|
5
|
Fariz Aulia.D.R
|
1
|
30 detik
|
30
|
Excellent
|
|
|
2
|
14,91 detik
|
|
|
|
|
3
|
30 detik
|
|
|
6
|
Dwi Meryanto
|
1
|
18,70 detik
|
30
|
Excellent
|
|
|
2
|
9,86 detik
|
|
|
|
|
3
|
30 detik
|
|
|
8
|
Tri Sevita.H
|
1
|
3,05 detik
|
3.05
|
Very Poor
|
|
|
2
|
2,79 detik
|
|
|
|
|
3
|
2,10 detik
|
|
|
9
|
Bagus Tri.K
|
1
|
5,62 detik
|
12.29
|
Average
|
|
|
2
|
12,29 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,41 detik
|
|
|
10
|
Langgeng Bayu.L
|
1
|
14,37 detik
|
14.37
|
Average
|
|
|
2
|
9,27 detik
|
|
|
|
|
3
|
6,74 detik
|
|
|
11
|
M. Zuem Firmansyah
|
1
|
12,33 detik
|
12.33
|
Average
|
|
|
2
|
11,31 detik
|
|
|
|
|
3
|
10,61 detik
|
|
|
12
|
Anggun.K.S
|
1
|
2,36 detik
|
4.1
|
Very Poor
|
|
|
2
|
3,22 detik
|
|
|
|
|
3
|
4,10 detik
|
|
|
13
|
M. Zaenuddin
|
1
|
4,97 detik
|
4.97
|
Very Poor
|
|
|
2
|
3,98 detik
|
|
|
|
|
3
|
4,22 detik
|
|
|
14
|
Rifki Andrianto
|
1
|
11,17 detik
|
26.12
|
Excellent
|
|
|
2
|
26,12 detik
|
|
|
|
|
3
|
20,13 detik
|
|
|
15
|
Barnes alfan
|
1
|
5,16 detik
|
7.09
|
Poor
|
|
|
2
|
7,09 detik
|
|
|
|
|
3
|
6,02 detik
|
|
|
16
|
Indra Wahyu.P
|
1
|
1,25 detik
|
1.87
|
Very Poor
|
|
|
2
|
1,87 detik
|
|
|
|
|
3
|
1,56 detik
|
|
|
17
|
Ardian Prila
|
1
|
10,07 detik
|
10.07
|
Poor
|
|
|
2
|
4,37 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,78 detik
|
|
|
18
|
Arif Faisol.H
|
1
|
3,97 detik
|
5.1
|
Very Poor
|
|
|
2
|
4,36 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,10 detik
|
|
|
19
|
Ririn Widya wati
|
1
|
2,00 detik
|
2.39
|
Very Poor
|
|
|
2
|
2,39 detik
|
|
|
|
|
3
|
2,20 detik
|
|
|
20
|
Ilham Nur Alamsyah
|
1
|
6,39 detik
|
25.32
|
Excellent
|
|
|
2
|
25,32 detik
|
|
|
|
|
3
|
18,75 detik
|
|
|
21
|
Andhika khriswan.B
|
1
|
2,74 detik
|
5.61
|
Very Poor
|
|
|
2
|
1,67 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,61 detik
|
|
|
22
|
Zulfikar Amelia
|
1
|
12,02 detik
|
12.02
|
Average
|
|
|
2
|
10,07 detik
|
|
|
|
|
3
|
8,03 detik
|
|
|
23
|
Oni Sigit.P
|
1
|
2,82 detik
|
3.27
|
Very Poor
|
|
|
2
|
3,27 detik
|
|
|
|
|
3
|
2,61 detik
|
|
|
24
|
Sigit Bayu.U
|
1
|
6,92 detik
|
6.92
|
Poor
|
|
|
2
|
6,40 detik
|
|
|
|
|
3
|
5,97 detik
|
|
|
25
|
Dimas Ardhi S
|
1
|
12,02 detik
|
14.07
|
Average
|
|
|
2
|
10,08 detik
|
|
|
|
|
3
|
14,07 detik
|
|
|
26
|
Dian Andika
|
1
|
10,24 detik
|
13.08
|
Average
|
|
|
2
|
12,04 detik
|
|
|
|
|
3
|
13,08 detik
|
|
|
C. Tes Power : Standing Broad
Jump
Tujuan Test
-
Sebagai ukuran untuk menentukan prestasi dan nilai-nilai siswa.
-
Sebagai faktor dalam tes kemampuan motor umum dan tes kebugaran fisik.
-
Sebagai alat untuk mengevaluasi hasil yang diperoleh dari kegiatan dan metode
pengajaran.
Teknik
Pengukuran
-
Penilaian
dilakukan sebanyak 3 kali.
-
Diambil jarak
terjauh.
-
Teste diberi
waktu istirahat 5 menit.
-
Diisikan pada
formulir (terlampir)
Pelaksanaan
-
Teste berdiri
tepat di belakang garis yang ditentukan.
-
Melompat kearah
depan sejauh mungkin kearah depan dengan menggunakan kedua kaki diikuti dengan
ayunan tangan.
-
Mendarat dengan
menggunakan kedua kaki.
Hasil Tes
No
|
Nama
|
Standing Broad Jump
|
||||
Percobaan
|
Jauh lompatan
|
Hasil Terbaik
|
X1.X2
|
X12 dan X22
|
||
|
|
1
|
1.98
|
2 m
|
3.96
|
3.9204
|
1
|
Fanani
|
2
|
2
|
|
|
4
|
|
|
3
|
2
|
|
|
|
|
|
1
|
2.27
|
2,34 m
|
5.3118
|
5.1529
|
2
|
Pembayun.P
|
2
|
2.34
|
|
|
5.4756
|
|
|
3
|
2.31
|
|
|
|
|
|
1
|
2.53
|
2,55 m
|
5.3636
|
6.4009
|
3
|
M. Ridwan
|
2
|
2.12
|
|
|
4.4944
|
|
|
3
|
2.55
|
|
|
|
|
|
1
|
1.97
|
2,15 m
|
4.0385
|
3.8809
|
4
|
Bayu Bimantara
|
2
|
2.05
|
|
|
4.2025
|
|
|
3
|
2.15
|
|
|
|
|
|
1
|
2.21
|
2,21 m
|
4.641
|
4.8841
|
5
|
Fariz Aulia.D.R
|
2
|
2.1
|
|
|
4.41
|
|
|
3
|
2.13
|
|
|
|
|
|
1
|
2.07
|
2,27 m
|
4.6989
|
4.2849
|
6
|
Dwi Meryanto
|
2
|
2.27
|
|
|
5.1529
|
|
|
3
|
2.25
|
|
|
|
|
|
1
|
1.73
|
1,83 m
|
2.941
|
2.9929
|
8
|
Tri Sevita.H
|
2
|
1.7
|
|
|
2.89
|
|
|
3
|
1.83
|
|
|
|
|
|
1
|
2.43
|
2,45 m
|
5.6619
|
5.9049
|
9
|
Bagus Tri.K
|
2
|
2.33
|
|
|
5.4289
|
|
|
3
|
2.45
|
|
|
|
|
|
1
|
2.53
|
2,68 m
|
6.7804
|
6.4009
|
10
|
Langgeng Bayu.L
|
2
|
2.68
|
|
|
7.1824
|
|
|
3
|
2.68
|
|
|
|
|
|
1
|
2.37
|
2,52 m
|
5.9724
|
5.6169
|
11
|
M. Zuem Firmansyah
|
2
|
2.52
|
|
|
6.3504
|
|
|
3
|
2.5
|
|
|
|
|
|
1
|
1.74
|
1,74 m
|
2.8884
|
3.0276
|
12
|
Anggun.K.S
|
2
|
1.66
|
|
|
2.7556
|
|
|
3
|
1.65
|
|
|
|
|
|
1
|
2.1
|
2,26 m
|
4.725
|
4.41
|
13
|
M. Zaenuddin
|
2
|
2.25
|
|
|
5.0625
|
|
|
3
|
2.26
|
|
|
|
|
|
1
|
2.52
|
2,52 m
|
6.2244
|
6.3504
|
14
|
Rifki Andrianto
|
2
|
2.47
|
|
|
6.1009
|
|
|
3
|
2.48
|
|
|
|
|
|
1
|
2.32
|
2,32 m
|
5.3592
|
5.3824
|
15
|
Barnes alfan
|
2
|
2.31
|
|
|
5.3361
|
|
|
3
|
2.26
|
|
|
|
|
|
1
|
2.11
|
2,11 m
|
4.3044
|
4.4521
|
16
|
Indra Wahyu.P
|
2
|
2.04
|
|
|
4.1616
|
|
|
3
|
2.02
|
|
|
|
|
|
1
|
2.37
|
2,38 m
|
5.6406
|
5.6169
|
17
|
Ardian Prila
|
2
|
2.38
|
|
|
5.6644
|
|
|
3
|
2.34
|
|
|
|
|
|
1
|
2.13
|
2,16 m
|
4.6008
|
4.5369
|
18
|
Arif Faisol.H
|
2
|
2.16
|
|
|
4.6656
|
|
|
3
|
2.14
|
|
|
|
|
|
1
|
1.12
|
1,40 m
|
1.3552
|
1.2544
|
19
|
Ririn Widya wati
|
2
|
1.21
|
|
|
1.4641
|
|
|
3
|
1.4
|
|
|
|
|
|
1
|
2.15
|
2,21 m
|
4.73
|
4.6225
|
20
|
Ilham Nur Alamsyah
|
2
|
2.2
|
|
|
4.84
|
|
|
3
|
2.21
|
|
|
|
|
|
1
|
2.22
|
2,22 m
|
4.884
|
4.9284
|
21
|
Andhika khriswan.B
|
2
|
2.2
|
|
|
4.84
|
|
|
3
|
2.21
|
|
|
|
|
|
1
|
2.42
|
2,43 m
|
5.7112
|
5.8564
|
22
|
Zulfikar Amelia
|
2
|
2.36
|
|
|
5.5696
|
|
|
3
|
2.43
|
|
|
|
|
|
1
|
2.19
|
2,33 m
|
5.1027
|
4.7961
|
23
|
Oni Sigit.P
|
2
|
2.33
|
|
|
5.4289
|
|
|
3
|
2.26
|
|
|
|
|
|
1
|
2.32
|
2,38 m
|
5.336
|
5.3824
|
24
|
Sigit Bayu.U
|
2
|
2.3
|
|
|
5.29
|
|
|
3
|
2.38
|
|
|
|
|
|
1
|
2.34
|
2,36 m
|
5.5224
|
5.4756
|
25
|
Dimas Ardhi S
|
2
|
2.36
|
|
|
5.5696
|
|
|
3
|
2.36
|
|
|
|
|
|
1
|
2.34
|
2,34 m
|
5.4522
|
5.4756
|
26
|
Dian Andika
|
2
|
2.33
|
|
|
5.4289
|
|
|
3
|
2.34
|
|
|
|
|
jumlah
|
X1
|
x2
|
X1.X2
|
x12
|
X22
|
|
54.48
|
54.67
|
121.206
|
121.0074
|
121.7649
|
|
|
(sigx1)2
|
(sigx2)2
|
reliabilitas
|
|
|
|
|
2968.0704
|
2988.8089
|
0.973732561
|
|
|
2. Alat dan
bahan
·
Lapangan
·
Stopwacth
·
Isolasi
·
Meteran
BAB III
ANALISIS
DATA
1. Populasi
dan sampel
Test dilakukan pada
mahasiswa Universitas Negeri Malang jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan angkatan 2008 off AA yang mewakili populasi sebagai objek uji
coba.
2. Hasil
pengukuran
Tabel hasil pengukuran dibuat setelah hasil dari test yang tertulis pada
formulir direkapituasikan. Berikut tabel yang akan di buat untuk hasil
pemgukuran:
College
Men
|
College Woman
|
||
T score
|
Raw
Score
|
T score
|
Raw
Score
|
80
|
35
|
95
|
31
|
59
|
27
|
66
|
23
|
31
|
16
|
29
|
13
|
15
|
10
|
11
|
8
|
3. Penafsiran
Kebugaran pada tingkat perhuruan tinggi terutama di
Fakultas Ilmu Keolahragaan jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dapat dikatakan
baik bila nilai yang di dapat lebih dari 70%. Sedangkan mahasiswa dikatakan
bugar jika mendapatkan nilai lebih dari 70.
BAB IV
KESIMPULAN
Power dapat pula disebut
sebagai daya ledak otot. Power (daya ledak) adalah kemapuan seseorang untuk
menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang
sependek-pendeknya. Daya ledak merupakan perpaduan antara kekuatan dan
kecepatan kontraksi otot.
Agility atau kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah arah
atau posisi tubuh dengan cepat yang dilakukan bersama-sama dengan gerakan
lainnya.
Balance atau
keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ saraf otot
selama melakukan gerakan-gerakan cepat, baik dalam keadaan statis maupun
dinamis.
Untuk mencapai validitas yang tinggi pengukuran harus dilakukan secara
sistematis. Banyak test yang dapat digunakan untuk mengukur power, agility,balance yang pemilihanya
disesuaikan dengan sample.
LAMPIRAN
FORMULIR
Nama :…………………………………............................
Nim :…………………………………………………….
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan *
NO
|
Jenis Tes
|
Hasil
|
Nilai rata2
|
1.
|
Squat Trust
|
…………..kali
…………..kali
…………..kali
|
………..
|
2.
|
Tip Up Balance
|
……….detik
……….detik
……….detik
|
………...
|
3.
|
Standing Broad Jump
|
………m
………m
………m
|
………..
|
Petugas Tes,
………………………..
NB : (*)
lingkari salah satu
DAFTAR PUSTAKA
1. Bass,
Ruth I., “An analysis of the Components of Test of Semi-Circular Canal
Funcition and of Static and Dynamic Balance.” Research Quarterly, 10:33, May, 1939.
2. Carruth,
Wincie A., “An Analysis of Motor Ability and Relationship to Constitutional
Body Pattrens.” (Microcarded doctor’s dissertation, New York University, 1952)
Anda sedang membaca artikel Contoh Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahraga. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini.
Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:
0 comments:
Posting Komentar