EnsikloPenjas

Senin, 05 Desember 2011

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Pengertian Belajar 

Sebelum membahas masalah prinsip belajar dan pembelajaran sangatlah perlu dipahami terlebih dahulu konsep belajar. Apakah belajar itu ?. Menurut Gagne, belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. Galloway dalam Toeti Soekamto, mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Menurut Mouly, belajar pada hakikatnya adalah proses perubahan tingkah laku seseorang berkat adanya pengalaman. Pendapat jiga dikemukakan oleh Kimble dan Garmezi bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative permanen, terjadi sebagai hasil dari pengalaman. Sedangkan Garry dan Kingsley menyatkan behwa belajar adalah prosese perubahan tingkah laku yang orisinil melalui pengalaman dan latihan-latihan . Bahwa defnisi belajar apabila memiliki tiga ciri-ciri sebagai berikut .
  • belajar adalah perubahan tingkah laku;
  • perubahantingkah laku tersebut terjadi karena latihan dan pengalaman, bukan karena pertumbuhan;
  • perubahan tingkah laku tersebut relative permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama
    Pembelajaran 

    Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lain. Sedangkan mengajar meliputi segala hal yang guru lakukan di dalam kelas Duffy dan Roehler) mengatakan apa yang dilakukan guru agar proses belajar mengajar berjalan lancar, bermoral dan membuat siswa merasa nyaman merupakan bagian dari aktivitas mengajar, juga secara khusus mencoba dan berusaha untuk mengimplementasikan kurikulum dalam kelas. Sementara itu pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum.

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. 
     Teori Belajar Dalam Pembelajaran
     
    Teori Behaviorisme
    Behaviorisme merupakan salah satu pendekatan untuk memahami perilaku individu. Behaviorisme memandang individu hanya dari sisi fenomena jasmaniah, dan mengabaikan aspek – aspek mental. Dengan kata lain, behaviorisme tidak mengakui adanya kecerdasan, bakat, minat dan perasaan individu dalam suatu belajar. Peristiwa belajar semata-mata melatih refleks-refleks sedemikian rupa sehingga menjadi kebiasaan yang dikuasai individu.
    Beberapa hukum belajar yang dihasilkan dari pendekatan behaviorisme ini, diantaranya :

    a. Teori Koneksionisme
    Menurut teori belajar ini, belajar pada hewan dan pada manusia pada dasarnya berlangsung menurut prinsip-prinsip yang sama.
    Selanjutnya, dalam teori koneksionisme dikemukakan hukum-hukum belajar sebagai berikut:
    1. Hukum Kesiapan (Law of Readiness) =>Dimana hubungan antara stimulus dan respons akan mudah terbentuk manakala ada kesiapan dalam diri individu. Implikasi praktis dari hukum ini adalah, bahwa keberhasilan belajar seseorang sangat tergantung dari ada atau tidak adanya kesiapan.
    2. Hukum Latihan (Law of Exercise) =>Hukum ini menjelaskan kemungkinan kuat dan lemahnya hubungan stimulus dan respons. Implikasi dari hukum ini adalah makin sering suatu pelajaran diulang, maka akan semakin dikuasainya pelajaran itu.
    3. Hukum Akibat (Law of Effect) =>Hukum ini menunjuk kepada kuat atau lemahnya hubungan stimulus dan respons tergantung kepada akibat yang ditimbulkannya. Implikasi dari hukum ini adalah apabila mengharapkan agar seseorang dapat mengulangi respons yang sama, maka harus diupayakan agar menyenangkan dirinya.
    b. Teori Pengkondisian (Conditioning)
    Teori pengkondisian (conditioning) merupakan pengembangan lebih lanjut dari teori koneksionisme. Tokoh teori ini adalah Ivan Pavlov . Ia adalah ahli psikologi-refleksologi dari Rusia.
    c. Teori Penguatan (Reinforcement)
    Kalau pada teori pengkondisian (conditioning) yang diberi kondisi adalah perangsangnya (stimulus), maka pada teori penguatan yang dikondisi atau diperkuat adalah responsnya. Seorang anak yang belajar dengan giat dan dia dapat menjawab semua pertanyaan dalam ulangan atau ujian, maka guru memberikan penghargaan pada anak itu dengan nilai yang tinggi, pujian, atau hadiah. Berkat pemberian penghargaan ini, maka anak tersebut akan belajar lebih rajin dan lebih bersemangat lagi. Hadiah itu me-reinforce hubungan antara stimulus dan respons.
    d. Teori Operant Conditioning
    Psikologi penguatan atau “operant conditioning” merupakan perkembangan lebih lanjut dari teori koneksionisme dan “conditioning”. Tokoh utamanya adalah Skinner. Skinner adalah seorang pakar teori belajar berdasarkan proses “conditioning” yang pada prinsipnya memperkuat dugaan bahwa timbulnya tingkah laku adalah karena adanya hubungan antara stimulus dengan respons.
    3. Teori Cognitive Gestalt-Filed
    Teori kognitif dikembangkan oleh para ahli psikologi kognitif. Menurut teori ini, bahwa yang utama pada kehidupan manusia adalah mengetahui (knowing) dan bukan respons. _Suatu konsep yang penting dalam psikologi Gestalt adalah tentang “insight”, yaitu pengamatan dan pemahaman mendadak terhadap hubungan-hubungan antar bagian-bagian dalam suatu situasi permasalahan.
     
    Dalam perspektif psikologi kognitif, belajar pada asasnya adalah peristiwa mental. Rumpun psikologi Gestalt bersifat molar, yaitu menekankan keseluruhan yang terpadu, alam kehidupan manusia dan perilaku manusia selalu merupakan suatu keseluruhan, suatu keterpaduan.

    Implikasi Prinsip Belajar Dalam Pembelajaran
    1.Prinsip Motivasi (Motivation)
    Tujuan dalam belajar diperlukan untuk suatu proses yang terarah. Motivasi adalah suatu kondisi dari pelajar untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu dan memelihara kesungguhan. Berkenaan dengan motivasi ini ada beberapa prinsip yang seyogianya kita perhatikan.
    1. Individu bukan hanya didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan biologi, soaial dan emosional. Tetapi disamping itu ia dapat diberi dorongan untuk mencapai sesuatu yang lebih dari yang dimiliki saat ini. 
    2. Pengetahuan tentang kemajuan yang dicapai dalam memenuhi tujuan mendorong terjadinya peningkatan usaha.
    3. Dorongan yang mengatur perilaku tidak selalu jelas bagi para siswa. Contohnya seorang murid yang mengharapkan bantuan dari gurunya bisa berubah lebih dari itu, karena kebutuhan emosi terpenuhi daripada karena keinginan untuk mencapai seauatu.
    4. Motivasi dipengaruhi oleh unsur-unsur kepribadian seperti rasa rendah diri, atau keyakinan diri. Seorang anak yang temasuk pandai atau kurang juga bisa menghadapi masalah
    5. Rasa aman dan keberhasilan dalam mencapai tujuan cenderung meningkatkan motivasi belajar.
    6. Motivasi bertambah bila para pelajar memiliki alasan untuk percaya bahwa sebagian besar dari kebutuhannya dapat dipenuhi.
    7. Kajian dan penguatan guru, orang tua dan teman seusia berpengaruh terhadap motivasi dan perilaku.
    8. Insentif dan hadiah material kadang-kadang berguna dalam situasi kelas, memang ada bahayanya bila anak bekerja karena ingin mendapat hadiah dan bukan karena ingin belajar.
    9. Kompetisi dan insentif bisa efektif dalam memberi motivasi, tapi bila kesempatan untuk menang begitu kecil kompetisi dapat mengurangi motivasi dalam mencapai tujuan.
    10. Sikap yang baik untuk belajar dapat dicapai oleh kebanyakan individu dalam suasana belajar yang memuaskan.
    11. Proses belajar dan kegiatan yang dikaitkan kepada minat pelajar saat itu dapat mempertinggi motivasi.
    2. Prinsip Transfer dan Retensi
    Berkenaan dengan proses transfer dan retensi ada beberapa prinsip yang harus kita ingat.
    1. Tujuan belajar dan daya ingat dapat memperkuat retensi. 
    2. Bahan yang bermakna bagi pelajar dapat diserap lebih baik.
    3. Retensi seseorang dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikis dimana proses belajar itu terjadi. Karena itu latihan seyogianya dilakukan dalam suasana yang nyata.
    4. Latihan yang terbagi-bagi memungkinkan retensi yang baik.
    5. Penelaahan bahan-bahan yang faktual, keterampilan dan konsep dapat meningkatkan retensi dan nilai transfer.
    6. Proses belajar cenderung terjadi bila kegiatan-kegiatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan.
    7. Sikap pribadi, perasaan atau suasana emosi para pelajar dapat menghasilkan proses pelupaan hal-hal tertentu. Karena itu bahan-bahan yang tidak disepakati tidak akan dapat diserap sebaik bahan-bahan yang menyenangkan.
    8. Proses saling mempengaruhi dalam belajar akan terjadi bila bahan baru yang sama dipelajari mengikuti bahan yang lalu.
    9. Pengetahuan tentang konsep, prinsip dan generalisasi dapat diserap dengan baik dan dapat diterapkan lebih berhasil dengan cara menghubung-hubungkan penerapan prinsip yang dipelajari dan dengan memberikan illustrasi unsur-unsur yang serupa
    10. Transfer hasil belajar dalam situasi baru dapat lebih mendapat kemudahan bila hubungan-hubungan yang bermanfaat dalam situasi yang khas dan dalam situasi yang agak sama dibuat. 
    11. Tahap akhir proses seyogyanya memasukkan usaha untuk menarik generalisasi, yang pada gilirannya nanti dapat lebih memperkuat retensi dan transfer.
    3. Prinsip Keaktifan
    1. Prinsip Keaktifan atau aktivitas bagi guru didalam proses pembelajaran adalah: 
    2. Memberi kesempatan, peluang seluas-luasnya kepada siswa untuk berkreativitas dalam proses belajarnya.
    3. Memberi kesempatan melakukan pengamatan, penyelidikan atau inkuiri dan eksperimen.
    4. Memberi tugas individual dan kelompok melalui control guru. 
    5. Memberikan puji verbal dan non verbal terhadap siswa yang memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan. 
    6. Melakukan multi metode dan metode media didalam pembelajaran .
    4. Prinsip Kelibatan Langsung
    Prinsip Kelibatan Langsung bagi guru adalah:
    1. Mengaktufkan peran individual atau kelompok kecil di dalam penyelesaian tugas. 
    2. Menngunakan media secara langsung dan melibatkan siswa di dalam praktik penggunaan tersebut
    3. Memberi keleluasan kepada siswa untuk melakukan berbagai percobaan atau eksperimen.
    4. Memberikan tugas praktik .
    5. Prinsip Pengulangan
    Implikasi Prinsip Pengulangan bagi guru adalah:
    a) Memilah pembelajaran yang berisi pesan yang membutuhkan pengulangan.
    b) Merancang kegiatan pengulangan.
    c) Mengembangkan soal-soal latihan.
    d) Mengimplementasikan kegiatan-kegiatan pengulangan yang bervariasi .

    6. Prinsip Tantangan
    Beberapa kegiatan yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru untuk menciptakan tantangan dalam kegiatan belajar, yaitu:
    a) Merancang dan mengelolaan kegiatan inquiry dan eksprerimen.
    b) Memberikan tugas-tugas pemecahan masalah kepada siswa.
    c) Mendorong siswa untuk membuat kesimpulan pada setiap sesi pembelajaran.
    d) Mengembangkan bahan-bahan pembelajaran yang menarik.
    e) Membimbing siswa menemukan fakta, konsep, prinsip dan generalisasi.
    f) Merancang dan mengelola kegiatan diskusi .

    7. Prinsip Balikan dan Penguatan
    Implikasi prinsip balikan dan penguatan bagi guru antara lain:
    a) Memberikan balikan dan penguatan secara tepat, baik teknik, waktu maupun bentuknya.
    b) Memberikan kepada siswa jawaban yang benar.
    c) Mengoreksi dan membahas pekerjaan siswa.
    d) Memberikan catatan pada hasil pekerjaan siswa baik berupa angka maupun komenter-komenter tertentu.
    e) Memberikan lembaran jawaban atau kerja siswa.
    f) Mengumumkan atau menginformasikan peringkat secara terbuka.
    g) Memberikan penghargaan .
    8. Prinsip Perbedaan Individual
    Berkenaan dengan perbedaan individual ada beberapa hal yang perlu diingat:
    1. Para pelajar harus dapat dibantu dalam memahami kekuatan dan kelemahan dirinya dan selanjutnya mendapat perlakuan dan pelayanan kegiatan tugas belajar yang mereka butuhkan. Para pelajar perlu mengenal potensinya dan seyogianya dibantu untuk merenncanakan dan melaksanakan kegiatannya sendiri. 
    2. Para pelajar membutuhkan variasi tugas, bahan dan metode yang sesuai dengan tujuan , minat dan latar belakangnya.
    3. Pelajar cenderung memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan pengalamannya masa lampau yang ia rasakan bermakna untuknya..
    4. Kesempatan-kesempatan yang tersedia untuk belajar lebih diperkuat bila individu tidak merasa terancam lingkungannya, sehingga ia merasa merdeka untuk turut ambil bagian secara aktif dalam kegiatan belajar. 
    5. Pelajar yang didorong untuk mengembangkan kekuatannya akan mau belajar lebih giat dan sungguh-sungguh. Tetapi sebaliknya bila kelemahannya yang lebih ditekankan maka ia akan menunjukkan ketidakpuasannya terhadap belajar. 
    Disamping prinsip-prinsip di atas, berikut ini dijelaskan pula beberapa prinsip belajar dikaji dari ranah pembelajaran mencakupi 3 prinsip :
    1. Prinsip Belajar Kognitif
    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam belajar kognitif.
    1. Perhatian harus dipusatkan kepada aspek-aspek lingkungan yang relevan sebelum proses-proses belajar kognitif terjadi. 
    2. Hasil belajar kognitif akan bercariasi sesuai dengan taraf dan jenis perbedaan individual yang ada.
    3. Bentuk-bentuk kesiapan perbendaharaan kata, kemampuan membaca, kecakapan dan pengalaman berpengaruh langsung terhadap proses belajar kognitif.
    4. Pengalaman belajar harus diorganisasikan ke dalam satuan-satauan atau unit-unit yang sesuai.
    5. Bila menyajikan konsep, kebermaknaan dari konsep amatlah penting . Perilaku mencari, penerapan, pendefinisian resmi dan penilaian sangat diperlukan untuk menguji bahwa suatu konsep benar-benar bermakna.
    6. Dalam pemecahan masalah para pelajar harus dibantu untuk mendefinisikan dan membatasi lingkup masalah, menemukan informasi yang sesuai, menafsirkan dan menganalisis masalah dan memungkinkan berpikir menyebar (divergent thinking). 
    7. Perhatian terhadap proses mental yang lebih daripada terhadap hasil kognitif dan afektif akan lebih memungkinkan terjadimya proses pemecahan masalah, analisis, sintesis dan penalaran. 
    2. Prinsip Belajar Afektif
    Berkenaan dengan hal-hal tersebut diatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar afektif.
    1. Hampir semua aspek kehidupan mengandung aspek afektif. 
    2. Hal bagaimana para pelajar menyesuaikan diri dan memberi reaksi terhadap situasi akan memberi dampak dan pengaruh terhadap proses belajar afektif.
    3. Suatu waktu, nilai-nilai yang penting yang diperoleh pada masa kanak-kanak akan melekat sepanjang hayat. Nilai, sikap dan perasaan yang tidak berubah akan tetap melekat pada keseluruhan proses perkembangan.
    4. Sikap dan nilai sering diperoleh melalui proses identifikasi dari orang lain dan bukan hasil dari belajar langsung.
    5. Sikap lebih mudah dibentuk karena pengalaman yang menyenangkan.
    6. Nilai-nilai yang ada pada diri individu dipengaruhi oleh standar perilaku kelompok.
    7. Proses belajar di sekolah dan kesehatan mental memiliki hubungan yang erat. Pelajar yang memiliki kesehatan mental yang baik akan dapat belajar lebih mudah daripada yang memiliki masalah.
    8. Belajar afektif dapat dikembangkan atau diubah melalui interaksi guru dengan kelas.
    9. Pelajar dapat dibantu agar lebih matang dengan cara membantu mereka mengenal dan memahami sikap, peranan dan emosi. Penghargaan terhadap sikap, perasaan dan frustasi sangat perlu untuk membantu pelajar memperoleh pengertian diri dan kematangannya.
    3. Proses Belajar Psikomotor
    Belajar psikomotor mengandung aspek mental dan fisik. Berkenaan dengan hal itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
    1. Didalam tugas suatu kelompok akan menunjukkan variasi dalam kemampuan dasar psikomotor. 
    2. Perkembangan psikomotor anak tertentu terjadi tidak beraturan.
    3. Struktur ragawi dan sistem syaraf individu membantu menentukan taraf penampilan psikomotor.
    4. Melalui bermain dan aktivitas nonformal para pelajar akan memperoleh kemampuan mengontrol gerakannya lebih baik.
    5. Dengan kematangan fisik dan mental kemampuan pelajar untuk memadukan dan memperhalus gerakannya akan lebih dapat diperkuat.
    6. Faktor lingkungan memberi pengaruh terhadap bentuk dan cdakupan penampilan psikomotor individu.
    7. Penjelasan yang baik, demonstrasi dan partisipasi aktif pelajar dapat menambah efisiensi belajar psikomotor.
    8. Latihan yang cukup yang diberi dalam rentan waktu tertentu dapat membantu proses belajar psikomotor. Latihan yang bermakna seyogianya mencakup semua urutan lengkap aktivitas psikomotor dan tempo tidak bisa hanya didasarkan pada faktor waktu semata-mata.
    9. Tugas-tugas psikomotor yang terlalu sukar bagi pelajar dapat menimbulkan frustasi (keputusasaan) dan kelelahan yang lebih cepat.

     

    Bookmark and Share

    JANGAN LUPA KLIK IKLANNYA YAA..
    1 X KLIK SANGAT BERARTI

    Anda sedang membaca artikel HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika memang bermanfaat, Anda boleh menyebarluaskannya dan jangan lupa untuk menyertakan sumber link dibawah ini:

    http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2011/12/pengertian-belajar-sebelum-membahas.html

    0 comments:

    Posting Komentar